Angket “Peduli” 1 Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi
Sabtu, 8 Mei 2021 | 14:12 WIB

Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi (SMF-Psi) Universitas Katolik Soegijapranata melalui Komisi 1 telah berhasil melaksanakan salah satu program kerja, yakni Angket “Peduli” 1.

Kegiatan yang dirancang oleh panitia yang bekerjasama dengan komisi 1 bertujuan untuk mencari tahu kendala yang dialami oleh mahasiswa ini diadakan dalam beberapa bagian. Mulai dari perancangan item, pembuatan angket, penyebaran angket, pengolahan hasil angket dengan meminta respon dari dekanat, sampai pada pengunggahan hasil respon dekanat terhadap pertanyaan  yang terdapat pada angket.

Dalam penyebarannya, angket “Peduli” 1 dibagikan kepada seluruh kelas mulai dari angkatan 2018, 2019, dan 2020, dengan target mendapat sepuluh responden dari empat kelas yang ada pada setiap angkatan.

Setelah usai masa pengisian angket, panitia mendapatkan jumlah responden total sebanyak 160 responden. Hasil ini merupakan sebuah pencapaian yang baik, mengingat dari komisi 1 sendiri menargetkan mendapat 120 total responden dengan persebaran minimal 10 responden pada tiap kelas.

Selanjutnya panitia melakukan pengelompokkan jawaban dan pertanyaan yang telah diisi oleh responden. Respon yang sudah dikelompokkan tadi, kemudian disusun kedalam satu file untuk di presentasikan dan dimintakan pendapat terkait hasil yang telah didapatkan dalam acara diskusi bersama dekanat.

Dalam diskusi yang dilakukan oleh panitia dengan dekanat terkait angket pada Senin (22/4), terdapat beberapa poin yang sifatnya masuk ke dalam rancangan dan masih dalam pembahasan oleh pihak fakultas yaitu mengenai kuliah merdeka serta program magang. Kedua poin yang telah disebutkan tadi sifatnya masih pada tahap perancangan untuk diusulkan ada dalam kurikulum yang akan datang.

Usai mendengarkan respon dan kejelasan terkait hasil angket dari jajaran dekanat, panitia langsung menyusun list poin apa saja yang  perlu dicantumkan dan ditekankan agar bisa disampaikan kepada teman-teman mahasiswa. Selanjutnya panitia segera mendesain dan mengunggah poin penting tersebut ke laman resmi Instagram Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi (SMF-Psi) Universitas Katolik Soegijapranata (@smfpsikounika) sebagai bentuk penyampaian tanggapan yang telah didapatkan pada hari Rabu (5/5).

Dengan ini maka berakhirlah sudah rangkaian acara Angket “Peduli” 1. Semoga pengalaman yang didapatkan, mampu membentuk sikap kepedulian kita terhadap fakultas untuk kedepannya.

Kategori: ,