Unika Soegijapranata Selenggarakan Pemilihan Rektor
Senin, 12 April 2021 | 11:28 WIB

Poster Presentasi Visi Misi Calon Rektor Unika Soegijapranata

Unika Soegijapranata telah memulai kegiatan Pemilihan Rektor untuk masa jabatan 2021 – 2025, sejak ditunjuknya Bernadus Retang Wohangara SS MHum sebagai Ketua Panitia ‘Pilrek 2021’ yang ditunjuk dalam Rapat Senat Universitas pada bulan Desember 2020.

Bernadus Retang Wohangara  yang terpilih sebagai Ketua Panitia ‘Pilrek 2021’, lebih lanjut dalam penjelasannya saat dihubungi di ruang kerjanya pada Senin (12/4), mengatakan bahwa dengan penunjukkan dirinya sebagai Ketua Panitia ‘Pilrek 2021’, maka telah terbentuk pula tim yang akan membantunya melaksanakan mandat agar terlaksana dengan baik dan lancar.

“Dalam penugasan tersebut kami diberi wewenang untuk menyusun tim ‘Pilrek 2021’, sekaligus pula menyusun peraturan Pilrek 2021 yang didalamnya menyangkut syarat-syarat calon rektor 2021 – 2025 dengan tentu saja memperhatikan organisasi tata laksana Unika,” paparnya.

Disamping itu kami juga harus mempersiapkan proses pemilihannya seperti apa, presentasi visi misinya seperti apa, serta nanti laporannya ke Yayasan Sandjojo seperti apa setelah usai presentasi dan pemilihan berlangsung.

Ada perbedaan dalam proses pemilihan rektor yang dilakukan sekarang dengan yang pernah dilakukan oleh Unika Soegijapranata pada periode sebelumnya, yaitu dalam hal tahap-tahapnya agak dibalik.

“Jika dulu masing-masing fakultas diminta mengirimkan wakilnya untuk dipilih sebagai calon rektor, sekarang ini dibalik dengan menanyakan kesediaan atau kesanggupan kepada para calon rektor yang sudah terseleksi oleh panitia Pilrek 2021 sebanyak 44 orang. Dan dari jumlah tersebut muncul nama tiga orang yang menyatakan sanggup, yaitu Prof Dr F Ridwan Sanjaya SE SKom MS IEC, Dr R Probo Yulianto Nugrahedi STP MSc dan Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi,” ucapnya.

Ketiganya akan mempresentasikan visi misinya pada acara ‘Presentasi Visi Misi Calon Rektor’ yang akan diselenggarakan pada hari Kamis besok (15/4) pukul 09.00 hingga 12.00 wib di ruang virtual Unika melalui zoom, tambah Bernadus Retang Wohangara SS MHum yang saat ini juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)  Unika.

“Harapannya pada akhir bulan April ini, kita sudah bisa mengirimkan nama-nama sesuai dengan hasil pemilihan, sehingga dari pihak Yayasan Sandjojo masih punya waktu untuk melihat dan mempertimbangkan tiga calon rektor tersebut, dan baru pada bulan Agustus adalah pelantikannya,” terangnya.

Sedangkan kegiatan pemilihan rektor ini melibatkan para dosen dan tendik (tenaga kependidikan) serta perwakilan mahasiswa Unika Soegijapranata. Diharapkan mereka bisa mengikuti dan terlibat dalam setiap tahap kegiatan seperti yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini yaitu pada hari Kamis (15/4) yaitu acara ‘Presentasi Visi Misi Calon Rektor’ yang alamat link zoom-nya telah dikirimkan melalui email unika kepada masing-masing pemilih, setelah sebelumnya para pemilih harus mendaftarkan terlebih dahulu pada google form yang terlampir pada surat email.

Kita semua bekerja keras dan penuh integritas untuk dapat menyelenggarakan pemilihan rektor ini dengan jujur, lancar, dan baik, melalui penggunaan teknologi daring tanpa mengesampingkan protokol kesehatan pandemi covid-19. Semoga semua proses dapat berjalan lancar dan tidak banyak hambatan, sehingga semua kegiatan dapat terlaksana sesuai harapan, pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,