UKMC Palembang Audiensi dengan Pusat Karir Unika
Senin, 26 April 2021 | 12:53 WIB

Romo RD Gunadi Emmanuel ST MEng selaku Wakil Rektor III UKMC Palembang, saat memaparkan maksud kunjungannya

Suatu kegiatan audiensi bidang kemahasiswaan Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) Palembang dengan UPT Pusat Karir Mahasiswa Soegijapranata Student Career Centre (SSCC) Unika Soegijapranata telah dilangsungkan pada Jumat lalu (23/4) secara daring, melalui ruang virtual Unika.

Dalam acara tersebut hadir mewakili rombongan UKMC yaitu Romo RD Gunadi Emmanuel ST MEng selaku Wakil Rektor III UKMC, juga Ria Triayomi SPd  MPd sebagai Kepala Kantor Kemahasiswaan dan Alumni UKMC.

Sedang dari Unika Soegijapranata hadir Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr V Kristina Ananingsih ST MT, Kepala SSCC Unika Soegijapranata Yuliana Sri Wulandari SE beserta seluruh tim dari UKA dan SSCC Unika Soegijapranata.

Dr V Kristina Ananingsih selaku Wakil Rektor III, dalam kesempatan tersebut menyambut baik penyelenggaraan audiensi antara UKMC Palembang dengan Unika Soegijapranata, harapannya kedua belah pihak akan akan semakin terjalin kerjasama dan saling berbagi informasi serta pengalaman terkait penyelenggaraan Pusat Karir.

“Saya apresiasi kesediaan UKMC Palembang menjalin komunikasi bersama Unika Soegijapranata terkait tugas dan tanggung jawab perguruan tinggi dalam memberikan layanan kepada para mahasiswa dan alumni untuk menata masa depan melalui berbagai bidang pekerjaan yang nantinya akan dijalani usai menyelesaikan studi,” ucap Dr Kristina.

Tentu seperti di Unika, kita setiap hari adalah belajar serta mengembangkan ide-ide baru termasuk salah satunya adalah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, dengan harapan akan semakin lebih baik dalam tugas dan pelayanan kepada mahasiswa dan alumni, imbuhnya.

Sementara Yuliana Sri Wulandari SE selaku Kepala Pusat Karir (SSCC) Unika dalam paparannya juga menjelaskan  perkembangan SSCC Unika dari sejak didirikan hingga saat ini.

“SSCC Unika mulai ada sejak tahun 2002, dan terdaftar di Disnaker pada tahun 2019 sebagai Bursa Kerja Khusus yang berhak menyelenggarakan Job Fair,” tuturnya.

Dengan demikian kami ada pertanggungjawaban penyelenggaraan jobfair kepada Disnaker terkait dunia kerja, namun secara kelembagaan dan berbagai aturannya kita berpedoman pada Dikti, sehingga Kemdikbud dan Disnaker sampai saat ini selalu berjalan beriringan, lanjutnya.

Adapun kegiatan layanan yang kami sebagai UPT Pusat Karir Mahasiswa (SSCC) Unika Soegijapranata adalah meliputi antara lain, virtual jobfair, campus hiring (rekrut), pelatihan soft skills siap kerja, internship, tracer study & user study, komunitas alumni (HaNi Reborn), dan konseling karir.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Wakil Rektor III Unika dan Kepala Pusat Karir (SSCC) Unika, Romo RD Gunadi Emmanuel ST MEng juga berharap komunikasi yang sudah terjalin dapat semakin dikembangkan terus, terutama dalam hal saling support dalam pelaksanaan Pusat Karir di masing-masing perguruan tinggi.

“Dalam hal jobfair yang pernah kami laksanakan secara offline, kami juga sudah mendapat dukungan dari Disnaker Palembang, dan ini sungguh menggembirakan kami. Namun dengan adanya pandemi covid, maka kami belum menyelenggarakan secara online, harapan kami dengan pertemuan ini kita bisa sharing pengalaman sesuai dengan keadaan dan keunikan kita masing-masing, supaya menjadi lebih baik ke depannya,” tandasnya. (FAS)

Kategori: ,