Studi Banding Organisasi Mahasiswa Fakultas Psikologi
Selasa, 6 April 2021 | 15:15 WIB

Organisasi mahasiswa (Ormawa) Fakultas Psikologi resmi telah merampungkan proses studi banding. Studi banding yang digagas oleh Komisi II Pengembangan Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi ini menggaet Ormawa Fakultas Psikologi Unika Indonesia Atma Jaya, Jakarta dan Ormawa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta sebagai rekan dalam menimba ilmu bersama.

Sebanyak 33 orang mahasiswa dari Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) maupun Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) Psikologi hadir sebagai peserta dari kubu Unika Soegijapranata. Studi banding ini sendiri terbagi ke dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama dengan Ormawa Fakultas Psikologi Unika Indonesia, Atma Jaya, Jakarta dan gelombang kedua dengan Ormawa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Acara studi banding gelombang yang pertama ini diadakan bertepatan dengan Hari Rabu Abu, yaitu pada Rabu (17/2). Dilaksanakan dengan menggunakan media Zoom, para peserta studi banding mulai berdatangan dan meramaikan Zoom sekitar pukul 15.00 WIB. Kemudian para peserta disambut oleh MC dan mendengarkan sambutan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata, yaitu Bapak Eugenius Tintus Reinaldi, S.Psi., M.Psi. Psikolog. Sayang belum hadir untuk memberikan sambutan ialah perwakilan dari Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unika Indonesia, Atma Jaya, Jakarta selaku pendamping kegiatan kemahasiswaan.

Setelah sambutan dari pendamping, kini giliran perwakilan mahasiswa yang memberikan sambutan. Clarista Jasmine selaku Ketua Himpunan Mahasiswa (Hima) Fakultas Psikologi memberikan sambutannya. Setelahnya ia juga menjelaskan struktur organisasi Hima UAJ kepada peserta dari Unika Soegijapranata untuk memberikan gambaran. Begitu pula dari Unika Soegijapranata, Flaviantius F. Iko selaku Ketua SMF Psikologi memberikan sambutannya. Ia pun juga melanjutkan dengan memberikan penjelasan struktur organisasi SMF maupun BEMF Unika Soegijapranata kepada peserta dari UAJ sebagai gambaran bagi peserta.

Usai sambutan, para peserta diminta untuk mengisi expect setting atau harapan apa yang ingin dicapai dalam studi banding ini. Ada berbagai jawaban yang muncul, mulai dari yang serius seperti ingin mendapatkan pengalaman, ingin menambahkan wawasan, ingin belajar, ingin berelasi, sampai yang nyeleneh seperti ingin mendapatkan jodoh, ingin mendapatkan pacar, dsb. Sontak ketika dibacakan expect setting yang nyeleneh ini menjadi bahan tertawaan yang mencairkan suasana.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dalam kelompok kecil sesuai dengan bidang dan pekerjaan yang diampu. Dalam kelompok kecil ini, para anggota studi banding saling bertanya, menceritakan pengalaman, maupun kesulitan serta solusi yang dimiliki. Hal ini terlihat dalam sesi sharing setelah sesi kelompok kecil dimana peserta yang diminta untuk bercerita sangat antusias dan mendapatkan satu-dua pencerahan untuk menjalankan program maupun tugasnya. Seperti ada yang bercerita terkesan dengan program podcast yang sudah dibuat BEMF Unika, lalu ada yang terkesan dengan metode cari dana lewat pengisian kuesioner oleh Hima UAJ, ada juga yang saling menyemangati karena beban pekerjaan yang besar, dsb. Semua memperoleh pengalaman dan cerita berharga untuk dibawa pulang dan direfleksikan bersama. Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan, doa, dan foto bersama dan ditutup tepat pukul 18.00 WIB.

Studi banding gelombang yang kedua dilaksanakan pada Sabtu (3/4), bertepatan pada Hari Sabtu Suci. Acara dimulai pada pukul 10.30 WIB, dimana para peserta mulai berkumpul di Zoom yang sudah disediakan oleh panitia.

Setelah semua peserta dari Unika Soegijapranata dan Universitas Sanata Dharma berkumpul, acara dimulai dengan penyambutan oleh MC dilanjutkan dengan sambutan oleh pendamping kemahasiswaan. Dari Unika Soegijapranata, Bapak Eugenius Tintus Reinaldi, S.Psi, M.Psi., Psikolog sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Psikologi memberikan sambutannya. Sedangkan dari Universitas Sanata Dharma, Ibu Diana Permata Sari, S.Psi, M.Sc Sebagai Wakil Ketua Program Studi sekaligus Bidang Kemahasiswaan Fakultas Psikologi yang memberikan sambutan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus penjelasan struktur Ormawa dari masing-masing universitas. Yang pertama memberikan sambutan ialah Gabriella Adinda Widyaningrum selaku Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Sambutan dari Valen dilanjutkan dengan penjelasan struktur organisasi DPMF maupun BEMF Psikologi Universitas Sanata Dharma. Sambutan beralih ke pihak Unika Soegijapranata, dimana Flaviantius F. Iko selaku Ketua SMF Psikologi yang menjadi perwakilan. Tidak lupa juga Iko menjelaskan struktur organisasi SMF dan BEMF Psikologi Unika Soegijapranata dalam sambutannya.

Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan ice breaking dan expect setting dari kegiatan ini. Ice breaking yang dibawakan ialah tebak-tebakan gambar (bisa direvisi, aku lupa) sekaligus mengambil benda sesuai dengan perintah yang sudah disebutkan. Setelah mengakrabkan diri, peserta diminta mengisi expect setting yang kembali dipenuhi berbagai komentar menarik, seperti ingin belajar, ingin mengembangkan diri, ingin menambah wawasan hingga ingin mencari pacar, ingin mencari jodoh. Sama seperti studi banding pada gelombang sebelumnya, expect setting ini kembali menjadi bahan tertawaan bersama yang semakin menghangatkan para peserta.

Usai tertawa bersama, para peserta masuk ke dalam kelompok diskusi kecil yang sudah dibagi. Seperti biasa, dalam kelompok diskusi ini, para peserta diminta untuk bercerita satu sama lain terkait apa yang dilakukan, apa yang menjadi tantangan atau hambatan, lalu bagaimana solusi, dsb. Ada berbagai persamaan maupun perbedaan yang dirasakan, membuat para peserta saling berempati satu sama lain. Dari kelompok kecil, para peserta kembali ke ruangan utama dan diminta perwakilan tiap kelompok mensharingkan pengalaman. Cerita dan sharing tersebut menunjukkan bahwa para peserta mendapatkan satu dua hal yang menarik dan bisa dijadikan bahan refleksi maupun strategi melaksanakan program dari masing-masing universitas.

Akhirnya acara diakhiri penyerahan kenang-kenangan, doa, dan foto bersama pada pukul 13.55 WIB. Dengan demikian berakhirlah seluruh rangkaian program studi banding Ormawa Fakultas Psikologi. Proficiat, semoga pengalaman yang ada menjadi refleksi bersama untuk mengembangkan diri dalam menjalani tugas dan perutusan yang dipangku.

Kategori: ,