Prodi RIL Unika Bidik Kaum Millennial dalam Rangkaian Talkshow Interaktif selama Bulan Ramadhan
Selasa, 20 April 2021 | 12:03 WIB

Ketua Program Studi RIL Unika Dr RR MI Retno Susilorini ST MT saat menjelaskan rangkaian acara Talkshow Interaktif Our City Forum (OCF) Ngabuburit, dalam ruang virtual Unika

Program Studi (Prodi) Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan (RIL) Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unika Soegijapranata akan menyelenggarakan Talkshow Interaktif Our City Forum (OCF) Ngabuburit secara serial dengan tema “Gaya Hidup Millenial: Edukasi Kaum Muda untuk Pelestarian Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan”, demikian disampaikan oleh Ketua Program Studi RIL Unika Dr RR MI Retno Susilorini ST MT, pada Senin (19/4) melalui ruang virtual Unika Soegijapranata.

Dalam acara talkshow serial Our City Forum (OCF) Ngabuburit, Prodi RIL Unika mencoba mengajak generasi millenial untuk merenung dan mendiskusikan serta berbagi ilmu dari berbagai narasumber tentang gaya hidup millenial sekaligus edukasi kaum muda untuk pelestarian lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan, imbuhnya.

Dalam acara yang dipandu oleh Amrizarois Ismail, S. Pd., M. Ling ini, Kaprodi RIL Unika Dr RR MI Retno Susilorini juga menambahkan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan Talkshow Interaktif Our City Forum (OCF) Ngabuburit.

Millenial diakui sebagai generasi ramah lingkungan. Bahkan, beberapa dari mereka sudah menjadikan gerakan ramah lingkungan sebagai gaya hidup sehari-hari. Namun demikian, fenomena alam dan perkembangan teknologi yang masif berkembang telah banyak menyita perhatian kaum muda dalam memutuskan jenis aktivitas sebagai pengisi waktu luang juga mempengaruhi pola pikir dalam kehidupan sehari-hari, termasuk gaya hidup sebagai millennial,” jelas Dr RR MI Retno.

Secara khusus, Talkshow Interaktif Our City Forum Ngabuburit yang akan diselenggarakan secara daring melalui media Zoom dan disiarkan live-streaming melalui Youtube RIL Unika ini dilaksanakan bekerja sama dengan 14 SMA Mitra Kerjasama dari dalam dan luar pulau Jawa.

Adapun tujuannya untuk yang pertama adalah merefleksikan pandangan millennial sebagai kaum muda pewaris bumi dan kehidupan semesta terhadap kondisi lingkungan dalam berbagai aspek, kedua yaitu  mendiskusikan gaya hidup millennial masa kini kaitannya dengan pelestarian lingkungan hidup; dan yang ketiga ialah mencari intersection atau irisan dan titik temu metode dan nilai-nilai edukasi millennial dalam hal pelestarian lingkungan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dan setelah terselenggaranya kegiatan Talkshow Interaktif Our City Forum Ngabuburit yang diselenggarakan bulan April hingga Mei 2021, kami berharap bisa menindaklanjuti dengan MoU dengan 14 SMA Mitra Kerjasama yang terlibat dalam kegiatan talkshow, terkait dengan tri dharma perguruan tinggi maupun kebutuhan pihak sekolah, lanjutnya.

Sementara itu, Ketua panitia Talkshow Interaktif Our City Forum Ngabuburit Prodi RIL Unika Soegijapranata sekaligus Sekretaris Program Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan (RIL),  Dhiyan Krishna Wardani ST MUE menjelaskan detil acara yang akan diselenggarakan selama masa bulan ramadhan.

“Acara Our City Forum Prodi RIL Unika ini sudah rutin dilaksanakan selama satu tahun terakhir ini untuk menangkap isu-isu terkini tentang perkotaan dan juga lingkungan.”

Dan acara ini sifatnya adalah sebagai jembatan antar generasi untuk menjembatani pandangan dari generasi sebelumnya tentang lingkungan dan bagaimana pandangan generasi muda menyikapi permasalahan yang ada. Tentunya tetap dalam satu garis besar yaitu pembangunan berkelanjutan, imbuhnya.

“Para narasumber untuk talkshow adalah guru dan siswa dari Mitra SMA Kerjasama serta dosen dan mahasiswa Program Studi Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan,” jelasnya kemudian.

Talkshow ini juga mendiskusikan perubahan kebiasaan, well-being, dan pengetahuan kaum muda yang akan dibahas mendalam dari sudut pandang pendidik sebagai fasilitator dan mitra atau teman, serta siswa dan mahasiswa dalam dialog interaktif bersama Sekolah Menengah Atas dari berbagai kota di Indonesia dan civitas akademika Program Studi Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan.

Jadwal kegiatan terdekat dari Talkshow Interaktif Our City Forum (OCF) Ngabuburit  Seri Kesatu secara konteks akan berbicara tentang bagaimana pelestarian lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, tambah Amrizarois Ismail, S. Pd., M. Ling selaku salah satu tim penanggung jawab kegiatan dan narasumber OCF  Ngabuburit.

Pelaksanaan kegiatannya adalah hari Rabu, 21 April 2021, pk. 15.30 — 17.00 dengan Mitra SMA Kerjasama dari Sekolah Internasional Victory Plus Bekasi. Adapun informasi tentang jadwal acara lengkap dan detail  acara dapat diperoleh melalui narahubung utama kegiatan ini yaitu Ibu Dhiyan (WA 08112991088),  Bapak Arya (WA 087845679800), dan Bapak Amri (WA 08571398955 2), pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,