Pertama di Unika! Interfakultas Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia
Selasa, 20 April 2021 | 15:59 WIB

Pada hari Sabtu, 17 April 2021 mulai pukul 08:00 pagi hingga 17:30 sore, UKM SDS mengadakan kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia secara daring melalui platform google meet.

Kegiatan KDMI ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan setelah perkuliahan daring akibat pandemi COVID-19.

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia merupakan program interfakultas pertama dari UKM SDS yang bertujuan untuk memperkenalkan UKM Soegijapranata Debate Society (SDS) kepada seluruh mahasiswa Unika Soegijapranata dan mencari delegasi terbaik perwakilan Unika Soegijapranata untuk dipersiapkan pada kompetisi tingkat nasional yang akan diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS).

KDMI dihadiri oleh 12 tim perwakilan dari 10 Fakultas Unika Soegijapranata angkatan 2018 hingga 2020. 12 tim ini mengikuti kompetisi dengan baik. Acara Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia diawali dengan pembukaan dengan sambutan oleh juri, Jimmy Christofer dan Alm. Amos Fischel Andoko.

Pemaparan tentang Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia ini disampaikan dari persiapan kompetisi hingga akhir dari kompetisi seperti pengunguman untuk pemenang. Kemudian acara dimulai dengan mengumumkan tema ronde kompetisi debat tentang filosofi, dan dilanjutkan dengan mosi yang akan diperdebatkan dengan pernyataan “Dewan Ini Menyesali Narasi Bahwa Kerja Keras Dapat Mencapai Segalanya”.

Para peserta diminta untuk membuat pernyataan pro dan kontra untuk beradu argumen satu sama lain. Kemudian tim yang mendapat kontra atau oposisi akan menyanggah dari tim afirmatif atau pro. Lalu diakhir acara ditutup dengan foto bersama dan doa.

Hasil dari kegiatan KDMI ini kemudian diumumkan pemenangnya dan diberikan feedback. Juara 1 diberikan kepada tim 1 dari fakultas Hukum dan Komunikasi, yaitu Jessica Veronika, Timothea Sharleen Sumaatmadja, Franzito Risky Miliano.

Pembicara terbaik diberikan kepada mahasiswi fakultas Hukum dan Komunikasi, Timothea Sharleen Sumaatmadja.

Melalui kegiatan KDMI ini diharapkan mahasiswa Unika Soegijapranata dapat mengembangkan kemampuannya baik di intra kampus maupun ekstra kampus. Selain itu program KDMI ini diharapkan dapat menjadi kegiatan wajib di setiap tahunnya untuk kompetisi dari seluruh fakultas Unika Soegijapranata yang lebih baik di masa yang akan datang.

Kategori: ,