LKTD Fakultas Psikologi 2021
Senin, 26 April 2021 | 23:04 WIB

Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) Fakultas Psikologi 2021 merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan oleh BEMF Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata yang berfokus pada bidang kepemimpinan yang diharapkan dapat menjadi bekal penting di masyarakat kelak.

LKTD 2021 mengangkat tema “Through Communication, We Embrace Each Other in to One” yang dalam  bahasa Indonesia diartikan menjadi “Melalui Komunikasi, Kita Saling Merangkul Menjadi Satu”.

“Tema yang kami pilih ini merupakan intisari dari nilai komunikasi internal dan eksternal, yaitu nilai komunikasi interpersonal dalam kepemimpinan yang diangkat mencakup keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan,” papar Wennidea Febrianty dari BEMF Psikologi Unika Soegijapranata.

LKTD memiliki empat rangkaian acara yang terdiri dari PRA, PLAY 1 & 2 dan  PASCA. PRA diadakan pada tanggal 10 April 2021, PLAY 1 & 2 diadakan pada tanggal 17-18 April 2021, dan PASCA diadakan pada tanggal 24 April 2021 pukul.

Semua rangkaian LKTD dimulai pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh 56 peserta yang terdiri dari perwakilan kelas mulai dari angkatan 2018-2020 dan perwakilan dari Ormawa (baik UKM maupun BEMF & SMF) yang belum mengikuti LKTD.

Zoom merupakan platform yang digunakan selama dinamika LKTD. Meskipun hanya bisa diadakan secara online, namun segenap panitia sangat berusaha dengan keras untuk membuat dinamika LKTD online ini menyenangkan dan value yang akan dibawakan dapat diterima dengan baik.

Selama empat rangkaian acara LKTD, ada enam sesi yang dibawakan. Saat Pra, nilai yang diberikan adalah nilai keterbukaan dengan harapan dapat membantu peserta untuk lebih mengenali diri sendiri secara potensi atau kemampuan.

Saat Play 1 & 2, nilai yang diberikan adalah nilai komunikasi, empati, sikap mendukung dan sikap positif yang mana menjadi rangkaian inti dari dinamika LKTD ini. Peserta diharapkan mampu memahami dari tema yang diangkat mengenai komunikasi interpersonal yakni “Through Communication, We Embrace Each Other in to One”.

Saat pasca, peserta diajak untuk merealisasikan nilai-nilai yang diberikan selama dinamika LKTD 2021 ini khususnya mengenai komunikasi interpersonal. Rangkaian ini menjadi rangkaian puncak dari LKTD tahun ini yang dinamakan Sedekasi, tegasnya. (Wennidea)

Kategori: ,