Kartini Masa Kini Kekuatan untuk Menginspirasi
Selasa, 20 April 2021 | 8:50 WIB

TRB20042021 KARTINI MASA KINI KEKUATAN UNTUK MENGINSPIRASI

Oleh: DR. Heny Hartono, SS., M.Pd, Dosen Fakultas Bahasa dan Seni, Unika Soegijapranata

IBU Kita Kartini, Pendekar Bangsa, Pendekar kaumnya, Untuk Merdeka. Mengingat kembali penggalan syair lagu Ibu Kita Kartini ciptaan WR. Supratman ini, kita diingatkan keMbalI akan cita-cita, jasa, dan perjuangan seorang Kartini untuk perempuan Indonesia.

Setelah lebih dari seabad meninggalnya beliau, perjuangan untuk mewujudkan arti ‘merdeka’ bagi perempuan Indonesia telah membuahkan hasil. Banyak Kartini masa kini telah mengukir prestasi dalam berbagai bidang lingkup nasional maupun internasional.

Perempuan Indonesia masa kini juga telah menunjukkan ketangguhannya dalam posisi-posisi strategis yang dipercayakan kepada mereka. Bahkan, pada masa-masa krisis dewasa ini, para perempuan Indonesia mampu tampil menjadi pemimpin-pemimpin yang tangguh.

Merujuk pada sebuah tulisan dalam Harvard Business Review mengenai efektifitas pemimpin dalam masa krisis, disimpulkan pemimpin perempuan lebih unggul dalam beberapa aspek kompetensi dibandingkan pemimpin laki-laki (Zenger & Folkman, 2020).

Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kepemimpinan perempuan dalam masa krisis seperti dalam masa pandemi global covid-19 terkonfirmasi lebih efektif daripada kepemimpinan laki-laki. Menarik bahwa responden dalam penelitian tersebut menyoroti pentingnya ketrampilan interpesona atau interpersonal skills seperti kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama, dan kemampuan membangun hubungan yang lebih didominasi oleh perempuan.

Apabila kita menilik kembali perjuangan RA Kartini, kita akan menemukan bahwa kekuatan untuk menginspirasi dan memotivasi inilah yang telah menjadi semangat RA Kartini di masa hidup beliau. Karena inspirasi dan motivasi RA Kartini ini pula lahirlah banyak Kartini masa kini yang mewarisi semangat juang perempuan di bumi Indonesia.

Menghadapi tantangan yang berbeda, Kartini masa kini tetap dapat menggunakan dan mengandalkan kekuatan mereka untuk saling menginspirasi dan memotivasi. Di tengah era disrupsi yang berdampak pada segala aspek kehidupan serta di tengah gempuran krisis akibat serangan pandemi covid-19, dibutuhkan Kartini-Kartini masa kini yang tegar, kreatif, dan lentur.

Semangat untuk saling menginspirasi dan memotivasi oleh perempuan Indonesia bukan hanya bermanfaat untuk membangun diri mereka sendiri namun juga untuk menyelamatkan keluarga dan bahkan dapat menjadi salah satu support system bangsa.

Melentur dalam arus media sosial yang cukup deras, Kartini masa kini dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi perempuan Indonesia yang lain melalui kisah-kisah otentik mereka.

Dalam era digital saat ini, media sosial seperti facebook maupun instagram telah memberi ruang kepada Kartini masa kini untuk membagikan kisah-kisah otentik mereka sebagai perempuan Indonesia dalam peran dan profesi mereka masing-masing. Dalam kenormalan baru dimana masing-masing orang dapat mengakses secara personal setiap informasi yang disampaikan lewat media sosial, seorang Kartini masa kini mempunyai peluang untuk menginspirasi perempuan lain dan menjadi pembawa obor semangat RA Kartini.

Sumber kekuatan untuk menginspirasi dan memotivasi perempuan lain adalah kisah-kisah pengalaman hidup yang otentik dan benar-benar dialami dalam kehidupan sehari-hari. Pengalaman hidup yang jujur dan apa adanya dapat mempunyai kekuatan dasyat untuk mem-erkati dan menginspirasi orang lain.

Kisah-kisah semacam inilah yang dapat menjadi penggerak bagi Kartini masa kini untuk memotivasi perempuan Indonesia lain supaya terus bergerak dan menghidupi kesetaraan yang telah diperjuangkan oleh RA Kartini.

Kisah-kisah otentik para perempuan Indonesia yang mengangkat pemikiran, perjuangan, dan aksi nyata buah kreatifitas mereka adalah sebuah kekuatan ketika para Kartini masa kini mampu menghadirkan kisah-kisah tersebut sebagai sebuah inspirasi yang dikomunikasikan secara positif. Selamat mengenang kembali perjuangan RA Kartini dan selamat menghidupi semangat untuk saling menginspirasi dan memotivasi.

►Tribun Jateng, 20 April 2021 hal. 2

https://jateng.tribunnews.com/2021/04/19/opini-dr-heny-hartono-ss-mpd-kartini-masa-kini-kekuatan-untuk-menginspirasi

Kategori: ,