FTP Unika Selenggarakan Webinar Prospek Kerja
Senin, 19 April 2021 | 9:06 WIB

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Katolik Soegijapranata Semarang mengadakan acara webinar dengan mengusung tema S.T.P yaitu “Succes Through Passion” pada hari Sabtu, 17 April 2021, dengan melalui platform zoom.

Dalam webinar ini dibahas tentang seputar prospek kerja bagi Sarjana Teknologi Pertanian dengan menghadirkan narasumber alumni FTP Unika, yaitu Jurita Permata Sari STP alumnus FTP Unika tahun 2008 dan Dony Dwiseptiaji STP alumnus FTP Unika 2003.

Dalam kesempatan tersebut kedua narasumber membagikan kisah perjalanan hidup mereka setelah lulus dari Fakultas Teknologi Pangan Unika.  Acara ini dibuka untuk semua mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian.

Hadir pula dalam acara tersebut Dekan FTP Unika yakni Dr R Probo Yulianto N STP MSc yang  memberikan sambutan dan dilanjutkan oleh sambutan dari Bernad selaku ketua acara Webinar Prospek Kerja 2021. Sepanjang acara berlangsung juga ditemani oleh Vella dan Mario sebagai moderator dari Webinar Prospek Kerja 2021.

“Kedua pembicara saling berbagi pengalaman kerja nya setelah lulus dari FTP dan prosedur-prosedur yang akan dilalui ketika kita melamar kerja pada suatu perusahaan,” terang Dika Alena sebagai salah satu penanggungjawab kegiatan Prospek Kerja 2021.

Lebih lanjut Dika menjelaskan bahwa untuk melamar kerja pada suatu perusahaan juga dibutuhkan CV, maka Jurita sebagai salah satu narasumber berpesan agar  CV perlu dibuat semenarik mungkin dengan dilengkapi pengalaman organisasi atau kegiatan yang pernah dijalani sewaktu kuliah seperti mengikuti berbagai panitia dan organisasi selama masa kuliah.

“Sebarlah CV sebanyak mungkin, karena itu menjadikan peluang bagi kalian untuk dipanggil semakin besar juga” ucap Jurita.

Sehubungan dengan tema, kita diajak untuk sukses melalui Passion yang kita punya. Di akhir presentasinya, Jurita membagikan keyword untuk peserta yang tertarik untuk melamar kerja di tempat kerja Jurita sekarang.

Sedikit berbeda dengan Jurita, sharing dari Dony selaku narsumber kedua juga membawa prestasi-prestasi yang pernah dilakukannya setelah lulus dari FTP Unika. Salah satunya ketika Dony membuat proposal penelitian tentang ‘aktivitas antioksidan pada kayu manis’ dan mendaftarkannya untuk lomba riset di salah satu perusahaan besar di Indonesia. Dony juga memberikan beberapa bidang yang cocok ditekuni untuk mahasiswa lulusan Teknologi Pertanian.

Sesi sharing bersama kedua pembicara ditutup dengan dibukanya sesi QnA. Banyak pertanyaan yang diberikan kepada dua pembicara seputar passion dalam diri dan tentang pekerjaan Jurita dan Dony.

Sebelum mengakhiri webinar Prospek Kerja 2021, ada juga sesi doorprize yang diadakan panitia. Peserta akan diberi beberapa pertanyaan tentang acara Webinar Prospek Kerja 2021 dan para pemenang akan menerima hadiah berupa saldo gopay.

Mahasiswa sangat antusias dalam sesi ini, pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kedua moderator dijawab dengan aktif. Tidak lupa panitia mengajak kedua pembicara dan seluruh peserta untuk berfoto, sebagai kenang-kenangan acara webinar ini, tutup Dika. (D Alena)

Kategori: ,