Unika Soegijapranata Kenalkan 3 Terobosan Program Layanan Baru
Jumat, 19 Maret 2021 | 8:07 WIB

image

Unika Soegijapranata akan melaksanakan Wisuda Periode I tahun 2021, Sabtu (20/3/2021) besok. Menjelang pelaksanaan wisuda, Unika memiliki tiga terobosan program layanan.

Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya mengemukakan, tiga terobosan baru program layanan yang dimaksud yaitu HaNi Reborn, Sista dan Palapa.

"Jelang wisuda periode I ini, Unika mengembangkan tiga program layanan yang kami sebut sebagai HaNi Reborn, Sista dan Palapa. Ketiga terobosan tersebut bertujuan untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa maupun alumni," kata Prof Ridwan, dalam jumpa pers virtual, Rabu (17/3/2021).

Selain itu, katanya, ketiga terobosan baru tersebut juga sesuai semangat Unika Connect yang dicanangkan oleh rektorat Unika Soegijapranata, dalam rangka menghubungkan segala kebaikan dan potensi di dalam Unika Soegijapranata dengan stakeholder di sekelilingnya.

Ia menjelaskan, HaNi atau Halo Alumni pada awalnya adalah aplikasi Android yang berisi layanan berkas-berkas akademik sekaligus fasilitas untuk donasi, wirausaha, dan berbagi lapangan kerja yang dikembangkan beberapa tahun yang lalu khusus untuk alumni Unika Soegijapranata agar dapat saling berbagi berita.

"Namun Hani Reborn kini menjadi berbasis website yang bisa diakses melalui ponsel, tablet, laptop, maupun komputer desktop," jelasnya.

Fungsi-fungsi yang ada pada HaNi Reborn adalah Social Media Like (interaksi menambah teman yang telah mempunyai akun), Posting (memposting berita dan gambar), Automated News yang terhubung dengan website unika.ac.id.

Kemudian, Alumni book and metamorphosis (buku alumni, yang isinya dapat dibuat sendiri oleh alumni serta dapat dibagikan kepada public atau hanya kepada list teman yang telah ditambahkan), dan Community (membuat komunitas yang nantinya dapat diikuti oleh user lainnya).

Sedang Sista adalah singkatan dari Smart Internship System Unika Soegijapranata. Yaitu aplikasi yang menjembatani program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya dalam hal kegiatan magang di perusahaan.

"Melalui aplikasi ini perusahaan dapat  menggunakan rekam jejak mahasiswa yang ada pada sisi akademik maupun kemahasiswaan dari semester awal, untuk memilih dan menentukan mahasiswa yang dapat magang di perusahaan mereka," paparnya.

Demikian pula sebaliknya, katanya, mahasiswa pun dapat memilih perusahaan dan lowongan magang yang diminati sesuai dengan latar belakang program studi mereka dan preferensi fasilitas yang disediakan.

Adapun terobosan ketiga adalah Palapa atau Portal Layanan Perpustakaan yaitu aplikasi peminjaman buku cetak secara online yang dapat diakses melalui Sintak oleh civitas akademika Unika Soegijapranata.

"Melalui Palapa ini koneksi antara perpustakaan Unika dengan pengguna layanannya menjadi lebih mudah di saat pandemi, baik dalam proses peminjaman buku (terintegrasi dengan jasa kurir ataupun secara langsung) maupun dalam hal pengembaliannya (melalui dropbox) secara real-time terkoneksi ke sistem perpustakaan," tambahnya.

Sementara, Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Unika, Lenny Setyowati mengungkapkan, bahwa jumlah wisudawan pada wisuda periode I tahun 2021 adalah sebanyak 272 wisudawan.

"Dalam wisuda periode I Unika akan mewisuda 272 wisudawan yang terbagi dalam beberapa lulusan dari Program Studi (Prodi) di Unika, yaitu Prodi D-3 Perpajakan 13 orang, dari Prodi Strata 1 (S1) ada 240 orang, kemudian dari Prodi Strata 2 (S2) ada 13 orang, dan dari Prodi Profesi Insinyur ada 6 orang," katanya.

Pelaksanaan wisuda periode I tahun 2021, sama seperti pelaksanaan sebelumnya kami tetap menggunakan Face Tracking Animation (FTA), Augmented Reality (AR), dan Virtual Reality (VR) serta disiarkan secara online melalui ruang virtual Unika dan laman Youtube.

sumber: https://jateng.tribunnews.com/2021/03/18/unika-soegijapranata-kenalkan-3-terobosan-program-layanan-baru?page=2.

Kategori: