Unika Perkenalhan Tiga Tembosan bagi Mahasiswa – Alumni
Kamis, 18 Maret 2021 | 9:06 WIB

SM 18_03_2021 Unika Perkenalkan Tiga Terobosan

Aspek new experiences atau pengalaman-pengalaman baru menjadi hal yang diperhatikan oleh Unika Soegijapranata bagi para mahasiswa, selama mereka berkuliah hingga mereka menjadi alumni. Hal ini ditunjukkan dengan pengenalan tiga terobosan baru, yang diluncurkan kampus tersebut pada Rabu (17/3).

Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC memperkenalkan Halo Alumni (Hani) Reborn, Smart Internship System Unika Soegijapranata (Sista), dan Drop Box Otomatis Perpusatakaan dalam Portal Layanan Terpadu (Palapa). Tiga terobosan ini dihasilkan selama empat bulan antara wisuda Unika Soegijapranata di akhir 2020 hingga jelang Wisuda Periode I 2021 pada Sabtu (20/3) mendatang .

"Dengan begini wawasan terbantu dan mereka mendapatkan pandangan di masa depan. Harapannya mereka bisa leading dari bekal terobosan inovatif yang kami lakukan," kata Prof Ridwan.

"Untuk wisuda kami juga tetap menggunakan pemanfaatan teknologi face tracking animation, augmented reality, dan menambahkan virtual reality yang pas dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini," lanjutnya.

Terkait Hani Reborn, Prof Ridwan menjelaskan aplikasi ini sudah dihasilkan beberapa tahun ke belakang dengan basis aplikasi telepon seluler. Kini Hani dikembangkan dapat digunakan juga menggunakan desktop seperti komputer meja maupun laptop.

Hani yang sebelumnya bisa mengakses semua layanan dari kampus bagi alumni. Legalisir ijazah digital misalnya, bisa didipatkan. Untuk pengembangan saat Ini, Hani menjadi satu jejaring sosial mirip Facebook, Linkedin, atau Instagram. Sehingga, tempat berbagi infomasi para alumni," jelas.Prof Ridwan.

Kemudian untuk mahasiswa yang aktif hingga mencari lokasi magang kerja, Unika Soegijapranata memiliki aplikasi Sista. Disebutkan, aplikasi ini mahasiswa bisa mencari perusahaan kerja untuk magang kerja dan perusahaan dimudahkan mencari kompetensi dan kualifikasi akademik yang sesuai.

Adapun terkait Palapa, aplikasi ini memudahkan mahasiswa di antaranya dalam meminjam dan mengembalikan buku di perpustakaan Unika Soegijapranata. Buku yang dipinjam bisa di antarkan lewat kurir, tanpa harus datang ke kampus .

Sumber: Suara Merdeka 18 Maret 2021 hal. 10

Kategori: