Unika Kembangkan 3 Aplikasi Baru Guna Tingkatkan Pelayanan
Jumat, 19 Maret 2021 | 8:43 WIB

image

Rektor Unika Soegijapranata, Prof Ridwan Sanjaya mengatakan, ada 3 terobosan baru yang dihasilkan oleh Unika Soegijapranata menjelang wisuda periode  I tahun 2021.

“Jelang wisuda periode I ini, Unika mengembangkan 3 program layanan yang kami sebut sebagai HaNi Reborn, Sista, dan Palapa," ujarnya dalam keterangan yang diterima, Kamis (18/3/2021).

Prof Ridwan mengatakan, HaNi atau Halo Alumni pada awalnya adalah aplikasi Android yang berisi layanan berkas-berkas akademik sekaligus fasilitas untuk donasi, wirausaha, dan berbagi lapangan kerja yang dikembangkan beberapa tahun yang lalu khusus untuk alumni Unika Soegijapranata agar dapat saling berbagi berita.

"Namun Hani Reborn kini menjadi berbasis website. Fungsi-fungsi yang ada pada HaNi Reborn adalah Social Media Like (interaksi menambah teman yang telah mempunyai akun), Posting (memposting berita dan gambar), Automated News yang terhubung dengan website unika.ac.id, Alumni book and metamorphosis buku alumni, dan Community," imbuhnya.

Sista adalah singkatan dari Smart Internship System Unika Soegijapranata. Aplikasi yang menjembatani program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya dalam hal kegiatan magang di perusahaan.

"Melalui aplikasi ini perusahaan dapat  menggunakan rekam jejak mahasiswa yang ada pada sisi akademik maupun kemahasiswaan dari semester awal, untuk memilih dan menentukan mahasiswa yang dapat magang di perusahaan mereka," katanya.

"Demikian pula sebaliknya, mahasiswa pun dapat memilih perusahaan dan lowongan magang yang diminati sesuai dengan latar belakang program studi mereka dan preferensi fasilitas yang disediakan," tambahnya.

Sementara itu, Palapa atau Portal Layanan Perpustakaan yaitu aplikasi peminjaman buku cetak secara online yang dapat diakses melalui Sintak oleh civitas akademika Unika Soegijapranata.

"Melalui Palapa ini koneksi antara perpustakaan Unika dengan pengguna layanannya menjadi lebih mudah di saat pandemi, baik dalam proses peminjaman buku maupun dalam hal pengembaliannya secara real-time terkoneksi ke sistem perpustakaan," katanya.

sumber: https://ayosemarang.com/read/2021/03/18/73696/unika-kembangkan-3-aplikasi-baru-guna-tingkatkan-pelayanan

Kategori: