Unika Kembali Selenggarakan Wisuda Virtual pada Wisuda Periode I tahun 2021
Sabtu, 20 Maret 2021 | 12:31 WIB

Unika Soegijapranata dalam masa pandemi covid-19 ini, kembali menyelenggarakan Wisuda Periode I tahun 2021 yang dilakukan secara virtual pada Sabtu (20/3).

Pelaksanaan Wisuda yang diselenggarakan secara virtual seperti tahun sebelumnya, masih tetap menggunakan Face Tracking Animation (FTA), Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dan disiarkan secara online melalui ruang virtual Unika dan laman Youtube.

Dalam pesan sambutannya, Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC kembali mengingatkan perlunya kita meningkatkan kualitas literasi digital dan menjaga kesantunan kita dalam menggunakan media sosial atau internet.

“Survei yang dilakukan pada bulan April sampai Mei 2020, oleh Microsoft yang merilis Digital Civility Index atau Indeks Keberadaban Digital tahun 2020 memperlihatkan skor DCI atau tingkat kesopanan netizen Indonesia turun dibandingkan tahun yang lalu. Semakin banyak masyarakat dari kelompok dewasa yang dinilai makin turun peradabannya,” ucap Prof Ridwan.

Menghadapi kenyataan ini, maka salah satu Guru Besar di Unika Soegijapranata pada bidang Sistem Informasi ini menghimbau kepada semua lulusan Unika Soegijapranata untuk ikut menjaga hal-hal baik yang pernah ada dengan menjaga jari-jari kita dari kalimat-kalimat kasar, nyinyir, provokatif, memojokkan, keroyokan, atau bahkan juga menyebarkan kebohongan.

“Jari-jari kita mencerminkan kepribadian kita, menunjukkan kualitas literasi digital kita, bahkan lebih luas lagi juga menggambarkan peradaban bangsa Indonesia di mata dunia internasional,” lanjutnya.

Peningkatan keberadaan manusia di dunia digital selama masa pandemi Covid-19 bukan hanya bisa kita rasakan, tetapi juga tercatat meningkat 443 persen (Kominfo, 2020) dan menambah jumlah pengguna internet menjadi hampir 200 Juta atau 73,7 persen dari populasi (APJII, 2020).

Oleh karena itu penggunaan internet secara masif ini juga menuntut literasi digital yang makin baik, terutama bagi lulusan perguruan tinggi. Bukan hanya karena kemampuan ini akan digunakan para lulusan pada saat bekerja nanti, tetapi juga menunjukkan kualitas pribadi sebagai warga internet (warganet) atau netizen, tegasnya.

Sementara Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Unika Soegijapranata B Lenny Setyowati SS MIKom, juga menginformasi bahwa jumlah wisudawan dalam Wisuda Periode I tahun 2021 adalah sebanyak 272 orang.

“Dari jumlah 272 wisudawan pada wisuda periode I  ini, terbagi dalam beberapa Program Studi (Prodi) di Unika Soegijapranata, yakni Prodi D-3 Perpajakan 13 orang, dari Prodi Strata 1 (S1) ada 240 orang, kemudian dari Prodi Strata 2 (S2) ada 13 orang, dan dari Prodi Profesi Insinyur ada 6 orang,” Jelas Lenny. (FAS)

 

Kategori: ,