Senat Mahasiswa FTP Kenalkan Laporan Resmi Kepada Mahasiswa Baru
Senin, 22 Maret 2021 | 10:13 WIB

image

Pada hari Sabtu, 6 Maret 2021 pukul 14.00 hingga 16.00 sore, Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (SMF-TP) 2020/2021 mengadakan Sosialisasi Penulisan Laporan Resmi. Acara ini merupakan program kerja dari Komisi Akademik SMF-TP 2020/2021 yang diketuai oleh Vellen Melodya Handjoyo dari Teknologi Pangan angkatan 2019. Program kerja ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagi mahasiswa baru angkatan 2020 mengenai laporan resmi, dikarenakan pada Semester Genap 2020/2021 ini FTP sudah melaksanakan praktikum walaupun masih secara daring. Sedangkan laporan resmi adalah sebagai bentuk pembahasan mengenai hasil praktikum yang diperoleh.

Pada acara ini, dijelaskan jenis laporan resmi, format, dan tata cara penulisan yang baik dan benar. Panitia dari acara ini adalah anggota SMF-TP 2020/2021 dari angkatan 2018 dan 2019. Materinya juga disampaikan oleh teman-teman anggota SMF-TP 2020/2021 angkatan 2018 yang sudah berpengalaman/pernah menjadi asisten praktikum. Acara ini juga dihadiri oleh 113 mahasiswa angkatan 2020 yang sangat antusias mendengarkan dan bertanya. Sosialisasi Penulisan Laporan Resmi ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom.

Acara Sosialisasi Penulisan Laporan Resmi diawali dengan pembukaan dan doa yang dipimpin oleh dua orang MC yaitu Farrel dan Belvi dari angkatan 2018. Lalu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua acara. Kemudian acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemaparan materi mengenai laporan resmi oleh Sie Materi. Pemaparan berlangsung selama kurang lebih 35 menit, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Hal yang tidak disangka-sangka adalah bahwa pertanyaan yang masuk sangat banyak dan menarik, sehingga proses diskusi mengenai materi laporan resmi juga dapat berjalan dengan sangat baik.

clip_image002

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan kuis berhadiah saldo uang elektronik. Kuis ini berisikan pertanyaan mengenai materi yang sudah dijelaskan, dan mahasiswa yang menjawab tercepat akan memenangkan hadiah. Pada akhirnya, mahasiswa pemenang kuis ini adalah Ryan dan Ardy dari angkatan 2020. Setelah itu, acara ditutup dengan foto bersama dan doa penutupan. Jeje, selaku koordinator Sie Materi menuturkan bahwa dia sangat senang karena acara ini bisa berlangsung dengan lancar, dan angkatan 2020 sangat antusias bertanya. “Seneng banget karena acara ini bisa berjalan lancar tanpa kurang suatu apapun, dan temen-temen materi juga bisa jelasin materi dengan bagus dan detail. Anak-anak 20 nya juga kalo dilihat kemarin antusias, banyak yang nanya. Pokoknya keren banget deh, acaranya sukses!” tutur Jeje.

 

image

Marry, salah satu perwakilan dari angkatan 2020 juga mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi ini. “Seneng banget, karena kita angkatan 2020 jadi ada gambaran tentang cara penulisan laporan resmi di semester genap ini. Penjelasan materinya juga detail dan jelas banget.” tutur Marry. Sebagai ketua panitia, Vellen juga merasa bangga akan kinerja panitia yang telah menyukseskan acara tersebut. “Terima kasih banget untuk panitia yang telah berusaha menyelenggarakan acara sosialisasi ini dengan sangat-sangat baik, dan semoga acara ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa baru angkatan 2020.” tutupnya. (Vellen Melodya Handjoyo – 085640606038)

Kategori: ,