Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi Adakan Sarana Prasarana Penunjang
Rabu, 24 Maret 2021 | 12:08 WIB

Identitas merupakan salah satu bagian terpenting bagi suatu individu. Bahkan secara tegas, Erik Erikson sebagai seorang psikolog Jerman yang terkenal dengan teori tentang delapan tahap perkembangan pada manusia menekankan bahwa penemuan identitas menjadi tugas perkembangan yang tak terelakkan yang diperlukan oleh remaja. Bila remaja tidak mampu merumuskan identitas dirinya, perkembangan dirinya pun dapat terganggu. Maka bisa dilihat pentingnya identitas di sini.

Hal ini pun juga berlaku pada sebuah organisasi. Sebuah organisasi juga perlu memiliki suatu identitas yang jelas. Bagi Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Psikologi, salah satu bentuk perwujudan identitas ialah mengadakan sarana dan prasarana penunjang.

Sarana dan prasarana tersebut berupa id card serta seragam bagi anggota SMF. Seragam dan id card sendiri dirasa dapat menjadi penjelmaan identitas bagi anggota SMF agar dapat bertugas dengan lebih maksimal.

Proses pembuatan id card dan seragam sendiri dilakukan melalui beberapa tahap. Pada tanggal 7 Februari sampai 10 Februari dilakukan perancangan desain. Setelah desain jadi, kemudian dilakukan voting mana desain yang paling menggambarkan identitas anggota SMF.

Proses selanjutnya ialah mencari dan menghubungi vendor untuk melakukan kesepakatan. Setelah kata sepakat dicapai, kedua desain pun dimasukkan kepada konveksi. Ada dua konveksi berbeda yang digunakan dalam pembuatan id card dan seragam anggota SMF.

“Untuk pembuatan id card, digunakanlah vendor Tropipedia. Sedangkan untuk pembuatan seragam, vendor yang digunakan ialah Ninetynine Konveksi,” ujar Dhani sebagai anggota SMF Psikologi saat memberikan keterangan.

Dalam prosesnya sempat terjadi kemoloran yang disebabkan oleh vendor. Ada masalah internal yang menyebabkan proses pembuatan id card maupun seragam tertunda. Hal ini menyebabkan seragam dan id card baru jadi dan bisa diambil pada Senin (22/3).

Setelah sempat molor, seragam dan id card pun dibagikan. Harapannya sungguh bahwa kedua sarana tersebut dapat menambah semangat penghidupan identitas anggota SMF sebagai seorang pemangku jabatan, pungkasnya. (FFI)

Kategori: ,