LP3 Unika Selenggarakan Online Teaching Workshop
Selasa, 9 Maret 2021 | 13:36 WIB

Pelaksanaan acara “Online Teaching Workshop Series” di Unika Soegijapranata

Online learning atau pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan  IT (​Information and Technology​). Saat pandemi covid-19, pembelajaran online merupakan jawaban satu-satunya untuk terselenggaranya proses pembelajaran di sekolah maupun di kampus walau ada yang melakukan pembelajaran luring untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Unika Soegijapranata telah mengembangkan dan menggunakan Learning Management System (LMS) untuk pembelajaran daring yaitu dengan menggunakan laman cyber.unika.ac.id atau supercyber.unika.ac.id

Keahlian dan ketrampilan dosen dalam mengoperasikan, menggunakan, bahkan pengembangan media yang ada dalam LMS sangat dibutuhkan agar pembelajaran online berlangsung dengan baik sehingga terjadi proses pembelajaran yang menyenangkan.

Dan untuk mengakomodasi kebutuhan itu, maka selama empat hari (2/3 – 5/3), Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Unika Soegijapranata telah menyelenggarakan  “Online Teaching Workshop Series”yang diikuti oleh para dosen Unika Soegijapranata.

Dalam pesan pengantarnya, Kepala LP3 Unika Soegijapranata Eny Trimeiningrum SE MSi menyatakan, “Penyediaan pelatihan bagi dosen Unika Soegijapranata ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian para Dosen dalam menggunakan dan mengembangkan LMS Unika Soegijapranata,” ungkapnya.

Keahlian dan keterampilan dosen dalam menyajikan dan mengemas materi untuk online teaching sangatlah beragam, mulai dari menyusun e-module, setting google form, pdf document handling, melakukan video conference, membuat konten audiovisual, terampil dalam mengoperasikan cyber atau supercyber (LMS), sampai dengan membangun chemistry atau student engagement/personal touch dengan mahasiswa. Bila hal tersebut dikuasai oleh dosen  maka proses belajar yang penuh dengan suka cita (joyful learning) akan terjadi, jelasnya menambahkan. (FAS)

Kategori: ,