Journey of Economics and Business With Others (JEWO) 2021
Senin, 1 Maret 2021 | 16:03 WIB

Kegiatan Journey of Economics and Business With Others 2021 atau yang dapat disebut JEWO 2021, telah dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan yang dimulai pada tanggal 26 Januari 2021 hingga 26 Februari 2021. Rangkaian acara JEWO 2021 terdiri dari beberapa kegiatan yaitu Technical Meeting, masa pembuatan dan revisi refleksi JEWO, dan masa pengecekan refleksi peserta.

“Tema pada kegiatan JEWO 2021 yaitu “Build Empathy With See, Listen, and Write”. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata yang diadakan setiap tahun dan ditujukan secara khusus bagi mahasiswa FEB Unika Soegijapranata,” jelas Elrikha selaku sekretaris panitia JEWO 2021.

Hal lain, tujuan diselenggarakannya JEWO 2021 adalah untuk meningkatan rasa empati, simpati dan kepedulian terhadap sesama manusia di sekitar, yang merupakan bentuk lain dari pengabdian yang dapat dilakukan secara online di masa pandemi.

Kegiatan JEWO 2021 ini juga merupakan kegiatan pengganti ELWO (Economic Living With Others) dengan perubahan konsep dan penyesuaian batasan – batasan protokol kesehatan pada saat pandemic, imbuhnya.

Konsep baru yang dimaksud yaitu dengan membuat refleksi atau tulisan mengenai pengamatan yang dilakukan di lingkungan sekitar, berupa pengalaman maupun cerita individu mengenai kepedulian terhadap sesama. Walaupun kegiatan ini tidak berdampak langsung terhadap masyarakat, mahasiswa diharapkan dapat membuka cara berpikir terhadap kehidupan di sekitar mereka.

Acara JEWO 2021 ini dilakukan secara online melalui bantuan platform zoom , dan LINE Group sebagai media komunikasi disaat terjadi pandemic covid 19, serta penggunaan Cyber Unika sebagai wadah untuk pengumpulan refleksi JEWO 2021.

Kegiatan JEWO 2021 ini diikuti oleh mahasiswa FEB angkatan 2019 dan juga angkatan sebelumnya yang belum mengikuti kegiatan ELWO pada tahun sebelumnya dengan total peserta keseluruhan sebanyak 386 peserta.

Berdasarkan diskusi dengan pihak dekanat, hasil refleksi JEWO 2021 yang sudah dibuat oleh peserta bukan sebatas pengumpulan saja akan tetapi nantinya hasil refleksi peserta terbaik akan dijadikan e-book oleh pihak dekanat.

Dalam kegiatan JEWO 2021 panitia juga menyediakan  form evaluasi yang diisi oleh peserta JEWO 2021, dengan tujuan untuk mengetahui kritik dan saran dari peserta terkait pelaksanaan JEWO 2021. Disamping itu sebagai masukan kepada panitia agar pelaksanaan JEWO yang akan datang semakin lebih baik daripada sebelumnya, pungkasnya.

Kategori: ,