FIKOM Unika Adakan Workshop Magang Bersama Mitra Perusahaan
Rabu, 10 Maret 2021 | 15:14 WIB

Presentasi dari PT AOI & BBIS dalam workshop Magang FIKOM

Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata pada Senin lalu (8/3) telah menyelenggarakan kegiatan Workshop Magang Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata secara virtual melalui zoom.

Dalam kegiatan tersebut hadir Dekan FIKOM Unika Soegijapranata Robertus Setiawan Aji Nugroho ST M Comm IT PhD yang menyampaikan pesannya terkait pelaksanaan workshop magang tersebut.

“Memang kerjasama-kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti yang kita lakukan sekarang ini adalah yang kita harapkan, dan nantinya bisa kita wujudkan serta memberi kesempatan yang bersifat ‘win-win solution’ antara mahasiswa dengan perusahaan, untuk saling berinteraksi dan memberikan pengalaman kerja buat mahasiswa,” papar Robertus Setiawan Aji Nugroho PhD.

Kita sebenarnya sudah memulai program internship ini bukan saja karena himbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim BA MBA, tetapi  kita sudah memulai terlebih dahulu sejak awal kita sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan untuk memberi kesempatan magang atau internship bagi para mahasiswa.

Magang ini sedikit berbeda dengan kerja praktek atau workshop, sebab jika kerja praktek aktifitasnya tidak full time, sementara jika dalam internship para mahasiswa benar-benar merasakan menjadi karyawan, kemudian kerja menghadapi berbagai permasalahan dan sebagainya, jelasnya.

Kesempatan ini sungguh baik, terutama bagi para mahasiswa angkatan 2018 atau 2017, untuk mencari atau menemukan exposure baru selain dari perkuliahan, juga pengalaman langsung, karena sekarang ini Indeks Prestasi tinggi dan kecepatan studi tidak cukup, melainkan harus ditambah exposure baru yang mulai dikembangkan mulai sejak tahun 2018 bahkan tahun-tahun sebelumnya.

Exposure baru yang telah kita siapkan adalah internship, student exchange ke luar negeri, termasuk yang berbasis riset, tambahnya.

Sedang beberapa perusahaan yang mempresentasikan kerjasama magang dengan FIKOM Unika Soegijapranata diantaranya adalah PT Apparel One Indonesia (AOI) berdiri sejak 19 Agustus 2011 di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. AOI berada dalam naungan BBI Group dan didukung penuh Triputra Group, AOI merupakan perusahaan joint venture antara BBI Group dengan Liberty Group (Thailand).

Dalam Apparel One Indonesia memulai bisnis dengan 5 lini produksi pada tahun 2011, dengan fokus produksi pada sport wear & fashion, dengan order dari Adidas Jerman.

Sedang PT Bina Busana Internusa Semarang (BBIS) yang sejak tahun 2014 mengawali produksi di Semarang, juga merupakan perusahaan yang bersama PT AOI telah mempresentasikan kerjasama magang dengan FIKOM Unika Soegijapranata, seperti yang dijelaskan oleh Pak Sly yang mewakili PT AOI dan BBIS di acara workshop magang FIKOM.

“Di PT AOI dan BBIS sudah mengembangkan digitalisasi sejak tahun 2018, sedang fokusnya diarahkan lebih banyak ke manufacturing atau ke arah production. Dan pada tahun 2021 hingga 2025 kita akan menambah sekitar 10 factory, oleh karena itu kami akan membuat semacam talent pool, dan membangun link ke perguruan tinggi supaya supaya saat berkembang kita sudah punya talent-talent muda,” terangnya.

Dan untuk keperluan itu pula kami dari tahun 2021 sampai dengan 2025 kami mengarahkannya pada standarisasi proses, kita juga mulai mengadop teknologi-teknologi baru seperti robotic process automation, big data analysis dan Artificial Intelligence.

Sedang benefit dari kami adalah jenjang karir yang jelas, kami memiliki management trainee (jalur khusus untuk regenerasi dari leader-leader yang ada di perusahaan kami), demikian juga ada uang saku, surat penerimaan magang dan selesai magang bagi para mahasiswa yang bisa digunakan oleh mahasiswa, serta kesempatan atau kemungkinan untuk direkrut lebih besar daripada yang belum pernah magang, tandasnya.

Selain presentasi magang dari  PT AOI dan BBIS, dalam acara workshop magang FIKOM ini juga hadir mempresentasikan program magangnya dari PT Buana Online Sejahtera, MKP Mobile. (FAS)

Kategori: ,