Belum Ada Penelitian Kapan Imunitas Muncul Setelah Vaksinasi
Jumat, 19 Maret 2021 | 8:23 WIB

image

Beberapa tenaga kesehatan yang telah melaksanakan vaksinasi pertama di Kota Semarang terpapar Covid-19. Kemudian muncul pertanyaan mengenai imunitas seseorang yang telah disuntik vaksin.

Menurut Dosen Departemen Kedokteran Humaniora Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dr Gregorius Yoga Panji Asmara SH MH CLA, efektifitas dosis vaksin Sinovac setelah dua kali suntik. Untuk kapan imunitas muncul, sampai saat ini belum ada penelitian khusus terkait hal itu.

"Saya belum mendapat info yang benar-benar berbasis bukti, mengenai kapan imunitas muncul," kata Gregorius Yoga Panji, di Semarang saat dihubungi, Kamis (18/3/2021).

Mengenai angka efektifitas vaksinasi, dilihat dari menurunnya angka secara epidemologis. Peran utama dari vaksin itu mencegah ketika terjangkit menjadi semakin parah.

Vaksinasi pertama di Kota Semarang bagi tenaga kesehatan sebanyak 94.213, dari jumlah sebesar itu ada 160 orang diketahui terpapar Covid-19 usai beberapa hari divaksin. Dari 37.942 orang yang sudah divaksin dua kali tapi belum sampai 28 hari, ada 35 orang atau 0,88 persen terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam menyatakan, selalu mewanti-wanti efektivitas vaksin adalah 28 hari. Dan kalau masih divaksin pertama dan kedua belum 28 hari, masih beresiko terkena paparan.

sumber: https://www.suaramerdeka.com/gayahidup/kesehatan/257789-belum-ada-penelitian-kapan-imunitas-muncul-setelah-vaksinasi?page=all

Kategori: