Unika Soegijapranata Gelar Webinar Terkait Beasiswa
Senin, 1 Februari 2021 | 8:46 WIB

image

Kamis (28/1/2021) kampus Unika Soegijapranata, Kota Semarang, Jawa Tengah menggelar webinar terkait Beasiswa.

Hadir sebagai narasumber dalam webinar tersebut diantaranya Wakil Rektor Bidang III Kemahasiswaan Unika Dr V Kristina Ananningsih ST MSc, Kepala LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA, dan perwakilan dari lembaga Van Deventer-Mass Indonesia (VDMI) Imbung Nurwanto

Wakil Rektor Bidang III Kemahasiswaan Unika Dr V Kristina Ananningsih ST MSc mengatakan, pada prinsipnya Unika selalu memberikan dukungan dan fasilitas untuk tersedianya Beasiswa bagi setiap mahasiswa.

Dia pun lantas mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah aktif memberikan deasiswa, terutama kepada Van Deventer-Mass Indonesia (VDMI).

Sementara itu, Prof Muhammad Zainuri dalam paparan materinya mengatakan, Pemerintah pusat sendiri telah menetapkan angka subsidi Beasiswa bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, jumlahnya antara 2,5 hingga 7,5 persen dari keseluruhan jumlah mahasiswa, baik yang ada di PTN maupun PTS. Beasiswanya sendiri bernama Bidik Misi, yang ada sejak 2012 lalu hingga 2019. “Kalau sekarang ini beasiswanya disebut dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP)- Kuliah serta dikelola di bawah naungan Lembaga Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik),” ungkap Zainuri.

Adapun persyaratan untuk mendapatkannya adalah yang pertama siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya. Yang Kedua, lulus seleksi calon penerima dan diusulkan oleh PTS sesuai dengan jumlah kuota yang diberikan. Ketiga, memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah. Keempat, lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima oleh PTN atau PTS pada Prodi dengan akreditasi A atau B serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan akreditasi C.

Sedangkan narasumber Imbung Nurwanto dari VDMI mengatakan, pihaknya memberikan dukungan Beasiswa bagi para mahasiswa dimulai sejak mahasiswa memasuki semester kedua dalam masa kuliahnya dengan minimal IPK 3,00 dan menyertakan dokumen yang sah bahwa memiliki keterbatasan ekonomi serta tidak melanggar ketentuan yang ditetapkan VDMI.

“Untuk tahun ajaran baru nanti, Kita mulai membuka pendaftaran sejak tanggal 10 Februari hingga tanggal 10 Maret 2021. Dan selama satu bulan kami berikan kesempatan kepada para mahasiswa yang ingin mendaftar melalui vandeventermaas.or.id,”jelasnya.

sumber: https://kuasakata.com/read/berita/26282-unika-soegijapranata-gelar-webinar-terkait-beasiswa

Kategori: