Mahasiswa Unika Ikuti Kursus Bahasa Mandarin Online
Senin, 8 Februari 2021 | 9:40 WIB

TRB 8_2_2021 Mahasiswa Unika Ikuti Kursus Bahasa Mandarin OnlineSebanyak 12 mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata mengikuti program online Mandarin Course yang diadakan oleh Chang Jung Christian University (CJCU), Taiwan.

Program yang diselenggarakan selama tiga minggu mulai 18 Januari hingga 4 Februari 2021 itu merupakan program kemitraan antara CJCU dengan Unika Soegijapranata.

Program short course ini diadakan secara intensif untuk seluruh peserta program yang mengikuti kursus setiap hari untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Mandarin oleh dua orang guru pembimbing yang mengajarkan pronounciation atau cara pengucapan serta percakapan sehari-hari.

Pada akhir program, setiap peserta mendemonstrasikan kemampuan mereka dalam bahasa Mandarin melalui presentasi dalam bahasa Mandarin.

Kepala kantor International Affairs and Cooperation Office, Dr Heny Hartono menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pusat Bahasa CJCU yang telah menyelenggarakan program ini untuk mahasiswa Unika Soegijapranata.

"Kesempatan baik untuk bisa menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan melalui program short course CJCU menjadi peluang yang baik juga untuk membangun komunikasi dan relasi antar universitas," tutur Dr. Heny, dalam rilisnya, Minggu (7/2).

Dr. Heny berharap kegiatan seperti ini akan dapat diselenggarakan lagi di kemudian hari dengan melibatkan perguruan tinggi-perguruan tinggi mitra yang lain. Sehingga melalui program semacam ini, mahasiswa Unika Soegijapranata akan semakin memperkaya mahasiswa dengan pengalaman dan ilmu.

"Sebab melalui program ini mereka akan mendapat pengalaman belajar dengan penutur asli, pengenalan akan bahasa dan budaya negara lain, serta bertambahnya kompetensi mereka," paparnya.

Sementara itu, Direktur Language Center CJCU, Dr Chiu Ching-Ya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh mahasiswa yang sangat rajin dan tekun dalam mempelajari Bahasa Mandarin lewat program ini.

Mahasiswa peserta juga menyampaikan feedback yang sangat baik kepada para pengajar. Di akhir acara penutupan program, diberikan sertifikat kelulusan secara simbolis kepada seluruh peserta program.

sumber: Tribun Jateng 8 Februari 2021 hal. 9

Kategori: