Kembangtaru Mengajar Tari Siswa-Siswi SMP Maria Goretti
Selasa, 16 Februari 2021 | 16:10 WIB

Pada hari Sabtu (13/2) Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Kembangtaru Universitas Katolik Soegijapranata Semarang mengadakan acara KEJAR (Kembangtaru Mengajar) bersama teman-teman dari SMP Maria Goretti Semarang melalui Zoom Meeting.

“KEJAR merupakan bentuk kegiatan pengabdian UKM Seni Kembangtaru terhadap masyarakat dengan media tari tradisional. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya Indonesia yaitu tari tradisional, yang diharapkan supaya anak-anak negeri tidak melupakan seni tari tradisional dan dapat melestarikannya, sehingga budaya seni tari tradisional tidak akan luntur seiring berkembangnya zaman, serta sebagai sarana menggali minat bakat anak-anak dalam bidang seni tari tradisional,” ujar Tabita Aprilea.

Kegiatan KEJAR 2021 ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting yang diikuti oleh seluruh panitia KEJAR 2021 dan teman-teman peserta dari SMP Maria Goretti Semarang yaitu kelas 7C dan 7E.

Kejar 2021 diawali dengan adanya perkenalan dari panitia KEJAR 2021, lalu sambutan dari ketua panitia dan kepala sekolah, disusul dengan latihan menari Tari Goyang Semarangan selama 1 (satu) jam, dan kemudian penampilan tari dari beberapa peserta yang sukarela mau menampilkan tariannya.

Pada saat sesi latihan menari banyak peserta yang terlihat sangat semangat untuk menghafalkan gerakan tarian Tari Goyang Semarangan, bahkan peserta yang laki-laki pun juga

tidak kalah semangat dari peserta perempuan. Walaupun masih ada beberapa peserta yang juga malu-malu untuk mengaktifkan kamera, namun pada akhirnya mereka mau mengaktifkan kameranya dan ikut latihan menari bersama.

Pada sesi penampilan tari dari peserta, terdapat sebanyak 9 (sembilan) peserta baik laki-laki maupun perempuan yang mau menampilkan tariannya. Walaupun saat tampil menari mereka masih perlu diberi contoh gerakan, namun mereka sangat antusias dalam menari, lanjut Tabita.

Setelah penampilan tari dari peserta, panitia menyebutkan nama-nama peserta yang mendapat hadiah, kategorinya adalah 3 peserta tari dengan tarian terbaik, dan 9 peserta tari yang antusias mau menunjukkan tariannya. Masing-masing dari pemenang mendapatkan pulsa Rp. 25.000,00 yang akan dikirimkan ke nomor masing-masing peserta setelah acara selesai. (Tabita)

Kategori: ,