Fakultas Kedokteran Unika Beri Bantuan Warga Terdampak Banjir di Genuk Semarang
Senin, 15 Februari 2021 | 9:59 WIB

image

Sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata, di Kota Semarang, Jawa Tengah membagikan sejumlah paket Bantuan kepada warga Kota Semarang yang terdampak banjir, pada Jumat (12/2/2021).

Paket Bantuan yang berisi beras, gula, mie instan, obat obatan dan lain sebagainya itu diberikan ke warga Sekitar Genuk melalui tim Posko Siaga Banjir BPBD Bangetayu Semarang

Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran (FK) Unika dr Jonsinar Silalahi MSi Med SpB SpBA mengatakan kegiatan itu dinamai "Aksi Peduli Bencana". Dia menjelaskan Sebenarnya di FK Unika, budaya peduli bencana memang sudah sejak awal ditanamkan pada diri para mahasiswa.

Dia menyatakan, sebelum memberikan Bantuan itu, pihaknya terlebih dahulu survei di Posko Bencana yang menginduk di Kantor Balaikota Semarang. Dari hasil survei itu, wilayah Kecamatan Genuk membutuhkan logistik seperti yang didonasikan pada hari itu.

"Dengan tidak menutup kemungkinan apabila dibutuhkan di lapangan, kami juga akan memberikan Bantuan medis melalui posko terkait tentunya, agar masyarakat yang terdampak banjir dapat terlayani kebutuhan kesehatannya pasca banjir," jelasnya.

Menurutnya, rencana pemberian Bantuan medis diberikan karena dampak kesehatan pasca banjir biasanya akan muncul setelah satu atau dua minggu sesudahnya.

"Jadi beberapa penyakit yang seringkali muncul pasca banjir seperti  penyakit kulit, dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Ini perlu pencegahan sejak dini," ungkap dia.

Apalagi sekarang ini masih dalam kondisi pandemi covid-19.

 

sumber: https://kuasakata.com/read/berita/26979-fakultas-kedokteran-unika-berikan-bantuan-untuk-warga-terdampak-banjir-di-genuk-semarang

Kategori: