Sharing Pengelolaan Pusat Karir ICCN Wilayah Sumbagut, SSCC Turut Berbagi
Senin, 25 Januari 2021 | 14:40 WIB

UPT Pusat Karir Mahasiswa Unika Soegijapranata atau yang selama ini dikenal dengan nama SSCC – Soegijapranata Student Career Center, adalah salah satu anggota dari Indonesia Career Center Networking – ICCN. Berawal dari kepengurusan baru pada akhir tahun 2019, perangkat ICCN berharap agar Pusat Karir di Indonesia dapat bergerak lebih maju tapi fleksibel. Harapan dari ICCN adalah dapat meningkatkan kompetensi lulusan ke tingkat internasional. Dengan adanya harapan untuk maju tersebut, mas Teddy Budiman – Presiden ICCN, membagi jejaring menjadi wilayah-wilayah di seluruh Indonesia, agar peran aktif Pusat Karir dapat tumbuh dimulai dari wilayah masing-masing.

Dengan adanya hal itu, Ir. Mustafa Ginting menyelenggarakan sharing virtual dalam pembentukan dan pengelolaan pusat karir. Pada tanggal 22 Januari 2021, sebulan sejak beliau ditetapkan menjadi Koordinator Wilayah Sumbagut, melaksanakan kegiatan ini. Dimulai dari pukul 20.00 – 21.30 WIB, beliau berbagi pengalaman dimulai dengan dibentuknya Pusat Karir Universitas Simalungun (USI).

Zoom meeting yang dilaksanakan pada malam hari ini berlangsung sangat santai namun sarat dengan informasi. Bang Ginting, begitu panggilan beliau, sangat bersemangat menyampaikan beberapa tips dalam mendirikan dan mengelola Pusat Karir USI. Disampaikan bahwa untuk mendirikan Pusat Karir, sangat dibutuhkan dukungan dari universitas dengan mengeluarkan Surat Keputusan pendirian unit kerja. “Pusat Karir ini sangat penting, karena kita wajib menyalurkan para lulusan universitas kita ke dunia kerja. Untuk itu, Universitas harus mendukung adanya pusat karir di tempat masing-masing”, jelas beliau.

Adanya paradigma bahwa perguruan tinggi bukan hanya sebagai pencetak sarjana, namun membantu mereka dalam mempersiapkan diri menuju dunia kerja dan menyiapkan lowongan kerjanya untuk meminimilkan jumlah pengangguran. Selain itu, berita hoax di medsos yang menyesatkan para lulusan menjadikan pusat karir di perguruan tinggi sangat dibutuhkan.

Tips yang diberikan oleh bang Ginting dalam pengelolaan pusat karir adalah:
1. Selalu aktif promosikan keberadaan pusat karir di semua pihak.
2. Menggunakan medsos
3. Niat yang tulus
4. Orientasi terhadap target
5. Berbagi dengan pusat karir lain
6. Berteman dengan media surat kabar

Berbagi tips antar pusat karir yang tergabung dalam ICCN adalah hal yang sangat diharapkan oleh pengurus. Pusat Karir perguruan tinggi lain bukanlah pesaing, namun rekan yang saling membantu dalam sharing ilmu, kegiatan dan peran.

Dalam kesempatan ini pula, Yuliana sebagai Kepala Pusat Karir Mahasiswa Unika Soegijapranata – SSCC juga diberikan kesempatan untuk berbagi. Lain halnya dengan bang Ginting yang kadang harus berlaku “preman” dalam mengajukan proposal kegiatan ke perusahaan, SSCC dalam hal ini menerapkan bahwa perusahaan adalah mitra sejati dari Unika/ SSCC. Sehingga berbagai cara halus dan komunikatif dalam teknologi dilakukan agar perusahaan mau bergandengan tangan bersama.

Sharing ICCN wilayah Sumbagut ini selain dihadiri oleh perguruan tinggi swasta di daerah Sumatera, juga dihadiri oleh Unika dan Unnes dari Semarang, juga oleh perguruan tinggi swasta lain dari Sulawesi dan beberapa perguruan tinggi lain dari Jawa Barat. (yoel-sscc)

 

 

 

 

 

 

Kategori: