Mengenal Perahu Tenaga Surya Kreasi Tim Dosen Unika Soegijapranata Semarang
Rabu, 6 Januari 2021 | 16:33 WIB

Empat Dosen Unika Soegijapranata Semarang berinovasi membuat perahu dengan tenaga listrik dari solar cell tenaga surya. Perahu ini diklaim lebih hemat, tidak bising, dan tidak menimbulkan polusi air waduk.

Keempat dosen tersebut Dr Florentinus Budi Setiawan, Shandy Jenifer Matitaputty, Dr E Lucky Maretha Sitinjak, dan Dr Lindayani. Mereka berinovasi dalam program Pengabdian Dosen Unika Soegijapranata bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Suko Makmur Waduk Jatibarang, Gunungpati Semarang.

Adapun perancangan konstruksinya menyesuaikan dengan tenaga yang bersumber dari solar cell tenaga surya sebagai penggerak baling-balingnya. Adapun ide tersebut berawal dari keprihatinan di Waduk Jatibarang karena keperluan masyarakat terhadap waduk ini selain untuk wisata, ternyata air dalam waduk ini juga digunakan untuk air baku di PDAM.

Tim Unika Soegijapranata

Tim Unika Soegijapranata setelah menyelesaikan pembuatan perahu. (Photo: dok Budi)

Ketua Tim Pengabdian Unika Soegijapranata Semarang

Ketua Tim Pengabdian Unika Soegijapranata Semarang, Dr Florentinus Budi Setiawan bersama Widodo dari Pokdarwis Suko Makmur, selaku pengelola Wisata Air Jatibarang. (Photo: dok Budi)

Perahu karya empat dosen Unika Soegijapranata Semarang

Perahu karya empat dosen Unika Soegijapranata Semarang. (Photo: dok Budi)

Untuk itulah, Budi dan timnya mencoba memikirkan solusi alternatif. Bagaimana menggunakan tenaga listrik dari solar cell tenaga surya.

Selengkapnya, mengenai perahu tenaga surya kreasi tim dosen Unika Soegijapranata Semarang, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Ketua Tim Pengabdian Unika Soegijapranata, Dr Florentinus Budi Setiawan.

Kategori: