Asia University Taiwan dan Universitas Katolik Soegijapranata Indonesia Menggelar Konferensi Internasional Virtual dengan Topik Semantika Desain
Kamis, 14 Januari 2021 | 15:33 WIB

Prof Yinghue Chen give a certificate to Asst. Prof. Peter as representative of SCU

Sebuah acara konferensi internasional yang dilaksanakan secara virtual bertajuk “2021 International Conference on Product Semantics” telah dilangsungkan pada hari Selasa (12/1) di Gedung International College Asia University Taiwan.

Kegiatan yang dilakukan ini merupakan langkah awal kerjasama, melalui Departemen Creative Product Design Asia University (AU) Taiwan dan Program studi Desain Komunikasi Visual di Soegijapranata Catholic University (SCU), demikian dikatakan oleh Prof Yinghuei Chen selaku Dekan International College AU Taiwan.

Konferensi ini dihadiri oleh enam makalah terpilih dan 15 peserta yang merupakan kelas virtual exchange course Semantika Produk yang diprakarsai oleh International College di AU.

Konferensi Internasional ini mengusung tema semantik produk desain, yang bertujuan untuk mempresentasikan hasil studi selama 18 minggu dari mahasiswa yang telah mengikuti kursus pertukaran virtual. Mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Jakarta.

Kuliah virtual dilaksanakan sebanyak 18 kali dengan didampingi oleh Assoc. Prof Chi-Wen Lung dari Dept. Creative Product Design AU bekerja sama dengan Asst. Prof Peter Ardhianto dari Progdi Desain Komunikasi Visual, SCU.

Sedikitnya, ada 6 studi tentang produk semantik, antara lain making sense design, semantic communication products, semantic on branding, semantic fashion, semantic in the human sense, dan semantic metaphors.

Sebanyak lima (5) keynote speaker diundang untuk berdiskusi dan berdinamika selama konferensi. Lima keynote speaker tersebut adalah Prof. Yinghuei Chen – Dekan International College AU, Assoc Prof. Chi-Wen Lung dari Dept. Product Design AU, Asst Prof. Bayu Widiantoro – Kepala Dept. Visual Communication Design SCU, Asst Prof. Dicky Prastomo – Wakil Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain SCU, Asst Prof. Peter Ardhianto dari SCU.

Dalam konferensi tersebut, Prof Chen menyampaikan bahwa kegiatan virtual exchange merupakan salah satu bentuk solusi open learning dan dapat diikuti oleh mahasiswa di seluruh dunia.

Sedangkan Assoc. Prof. Chi-Wen Lung menjelaskan bahwa mahasiswa membutuhkan sarana untuk mempresentasikan ide-ide kreatifnya, salah satunya melalui konferensi internasional, dan berharap agar hasil studi pemateri dapat segera dipublikasikan.

Lebih lanjut Asst. Prof Bayu menekankan bagaimana produk semantik dapat bermanfaat bagi pengguna secara spesifik. Asst. Prof Dicky mengapresiasi hasil penelitian para pemateri dan memberikan wawasan komunikasi tentang produk semantik.

Terakhir, Asst. Prof. Peter memberikan motivasi dan insight tentang bahasa visual semantik kepada presenter yang telah menyelesaikan studinya di program pertukaran virtual selama satu semester.

Kategori: ,