ARDETION 2021 FAD UNIKA
Rabu, 27 Januari 2021 | 13:53 WIB

Ardetion (Architecture and Design Competition) 2021 adalah acara perlombaan di Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika Soegijapranata, yang diadakan setelah ujian akhir semester, menggantikan acara olahraga tahunan ‘Kompor Asin’, dan merupakan salah satu proker dari ormawa BEM FAD.

Ardetion diselenggarakan secara online, mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai 17 Januari 2021. Yang jadwal pelaksanaan masing-masing lomba berbeda-beda, seperti misalnya  pelaksanaan lomba karya, peserta diberi waktu 2 minggu dari tanggal 2 Januari 2021- 17 Januari 2021 dan lomba eSport, dilakukan pada tanggal 17 dan 18 Januari 2021.

Lomba-lomba dalam Ardetion sendiri terdiri dari dua kategori yaitu pertandingan eSport dan submit karya. Tema yang dipakai untuk keseluruhan Adetion adalah monokrom. Tema untuk lombanya sendiri, terutama lomba submit karya adalah ‘Tahanan Rumah’ .

Latar belakang dari tema ‘Tahanan Rumah’ ini adalah karena kehidupan kita selama pandemi ini dihimbau untuk tidak pergi keluar rumah. Melewati keseharian seperti kuliah dan kerja juga dari rumah. Itu mengapa tema ini dirasa cocok dengan tema besar monokrom karena memiliki kesan yang monoton.

“Untuk lomba karya, kami mengadakan tiga lomba yaitu fotografi, ilustrasi dan videografi. Untuk lomba eSport sendiri kami mengadakan tiga jenis lomba pula, yaitu Valorant, PUBG, dan Mobile Legend,” jelas Olivia sebagai salah satu panitia Ardetion.

Untuk para pemenang lomba submit karya, kami mengambil tiga juara dari masing masing kategori, yaitu sebagai berikut:  lomba Ilustrasi pemenang diraih oleh 1. Leonardo gunawan, 2. Cryshania, 3. Steven Hardika Adi Pramudya.

Sedang untuk lomba fotografi, para pemenang adalah 1. Kezia Maurent Widjaja, 2. Steven Hardika Adi Pramudya, 3. Leonardo Chandra W .

Pemenang dari lomba lomba tersebut telah dinilai ketepatan tema, konsep, teknis dan kriteria lainnya yang sudah dibicarakan dan disepakati oleh panitia dan para juri, terang Olivia.

Sedangkan untuk lomba eSport, valorant diambil juara berdasarkan best of Three dari masing masing lomba, kecuali untuk lomba PUBG, karena hanya ada 2 team yang bermain dan juga Mobile Legend hanya diambil 2 juara.

Berikut adalah pemenang dari masing masing lomba. Lomba Valorant  pemenang diraih oleh 1. los ga rewel, 2. susantuy akademi, 3. Gento.

Sedang lomba Pubg  pemenang diraih oleh 1.  ror eSport dan 2. bernyanyi bale bale. Sementara Mobile Legend  pemenang diraih oleh 1. noxious x dan  2. meja squad.

Dengan penyelenggaraan lomba Ardetion 2021 ini, ada banyak hal yang bisa kita petik yaitu dalam masa pandemi ini kita masih bisa merasakan kesenangan. Tidak hanya bersenang senang, kita juga dapat mengembangkan jiwa berkompenten kita, sekalipun itu hanya classmeeting.

Harapan diadakannya acara ini, bagi peserta adalah untuk refreshing dan dapat mengembangkan kemampuan di saat liburan. Bagi panitia sebagai wadah membangun kerjasama dalam membantu satu sama lain dalam suatu acara. (Olivia)

Kategori: ,