Webinar Kemahasiswaan Unika Bahas Radikalisme Ditengah Pandemic
Jumat, 18 Desember 2020 | 8:30 WIB

Pada Selasa (15/12) di ruang virtual Unika Soegijapranata telah diselenggarakan Webinar Kemahasiswaan tentang isu radikalisme dengan mengangkat tema “Waspada Isu Radikalisme Ditengah Pandemic Covid-19”

Dalam webinar yang diselenggarakan secara online tersebut hadir sebagai narasumber yaitu Igor Tanjung Pambuko sebagai Kepala Seksi Kerjasama Lembaga Non Pemerintah Multilateral Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, dan Adrianus Bintang, MA. sebagai Dosen Fakultas Hukum dan Komunikasi.

Pandemi Covid-19 berdampak serius di semua aspek seperti kemiskinan, pengangguran, relasi global, work from home, social distancing, yang berimbas pada perubahan tatanan masyarakat.

“Kelompok tertentu dapat memanfaatkan berbagai macam situasi di tengah masa pandemi untuk menjadi radikal,” papar Adrianus Bintang sebagai salah satu narasumber webinar.

Kelompok radikal memanfaatkan momen pandemi untuk menarik simpatisan atau anggota, memanaskan situasi, mempublikasikan rasa tidak percaya pada pemerintah, dan menciptakan isu kesenjangan sosial. Hal tersebut akan mengganggu situasi di dalam masyarakat. Penggunaan media sosial juga dapat digunakan untuk menyebarkan isu hoax oleh kelompok tertentu yang berdampak buruk bagi masyarakat, lanjutnya.

Isu-isu rawan dapat dinetralisir dengan memberikan edukasi bagi masyarakat khususnya generasi muda dan mahasiswa.

Perlunya kewaspadaaan dan sikap tidak mudah terbawa arus negatif. Disamping itu, antar mahasiswa juga perlu membangun komunikasi yang baik untuk menjauhkan dari tumbuhnya paham radikalisme, pungkasnya.

Kategori: ,