Unika Soegijapranata Kenalkan Teknologi FTA dan AR untuk Wisuda
Senin, 21 Desember 2020 | 11:38 WIB

SM 21_12_2020 Unika Kenalkan Teknologi FTA dan AR untuk wisuda

Wali Kota Semarang Beri Apresiasi

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengapresiasi penyelenggaaraan Wisuda Periode IV 2020 yang digelar Unika Soegijapranata secara virtual, Sabtu (19/12). Hal ini tak lain karena adanya teknologi Face Tracking Animation (FTA) dan Augmented Reality (AR) yang dinilai masih menjadi cara paling efektif dan aman dalam penyelenggaraan acara wisuda di masa pandemi.

"Seakan Unika Soegijapranata tidak pernah berhenti menyelenggarakan kegiatan akademis. Untuk itu, saya mengapresiasi setinggi-tingginya," kata pria yang akrab disapa Hendi ini.

Pada wisuda virtual ini Unika Soegijaprana masih menggandeng Dreamlight World Media (DWM). Selain menggunakan FTA dan AR, juga akan digunakan video teknologi 360 derajat.

Sementara itu dalam sambutannya Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC mengucapkan selamat kepada wisudawan, sekaligus mengapresiasi kinerja panitia yang terus berusaha memberikan yang terbaik. Meski di tengah pandemi Covid-19, tetapi semangat dan inovasi dalam pelaksanaan wisuda agar semakin sempurna mendekati yang real atau nyata tetap terus dilakukan walau secara virtual.

"Mereka yang diwisuda dalam ‘masa pandemi ini sebenarnya mereka adalah orang-orang yang hebat dan menang. Sebab mereka berhasil mengatasi masalah-masalah yang muncul pada tahun ini," ucap Prof Ridwan

Kelincahan dan Passion

Ditegaskan Rektor, mereka yang lulus pada masa pandemi ini diyakini mempunyai kelincahan, juga passion yang dijalankan secara terus menerus secara tersistem. Sehingga mereka bisa mendapatkan kelulusannya melalui wisuda kali ini.

Tidak hanya didukung dengan teknologi FTA dan AR saja, panitia wisuda yang diketuai oleh Kepala Biro Administrasi Akademik Unika Soegijapranata, B Lenny Setyawati SS MIKom juga memfasilitasi bagi para wisudawan yang akan menggunakan photobooth yang disediakan Oleh panitia. Hal ini sebagai wujud kecintaan Unika Soegijapranata kepada para mahasiswa utamanya kepada para wisudavvan.

"Dalam wisuda virtual kali ini, kami juga menyediakan sekitar 10 template di lokasi-lokasi yang populer di kalangan para mahasiswa Unika," jelas Lenny.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata, Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD juga menambahkan tiap tahun jumlah lulusan sekitar 1500 orang. Berdasarkan hasil tracer studi alumni Unika Soegijapranata dari 2018 diketahui sekitar 85 persen lulusan bisa bekerja sesuai dengan bidang studi yang dipelajari.

Sumber: Suara Merdeka 21 Desember 2020 hal. 12 

Kategori: