Unika Pecahkan Rekor Leprid Atas Penggunaan Teknologi Face Tracking Animation dan Augmented Realty Dalam Wisuda
Jumat, 18 Desember 2020 | 15:17 WIB

Penerimaan penghargaan Leprid atas inovasi pelaksanaan wisuda Unika menggunakan face tracking animation dan augmented reality

Untuk ketiga kalinya Unika Soegijapranata telah menerima penghargaan dari LEPRID (Lembaga Prestasi Indonesia Dunia) di masa pandemi covid-19 ini. Yang kali ini LEPRID telah memberi penghargaan kepada Unika Soegijapranata sebagai perguruan tinggi yang pertama kali menggunakan Teknologi Face Tracking Animation dan Augmented Reality dalam wisudanya yang ke-IV pada tahun 2020.

Penganugerahan dari LEPRID diserahkan oleh Ketua umum LEPRID Bapak Paulus Pangka kepada Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC dengan disaksikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD serta Ketua Panitia Wisuda sekaligus Kepala Biro Administrasi Akademik Unika B Lenny Setyowati SS MIKom,  pada Kamis (17/12) di ruang Hijau gedung Mikael kampus Unika Soegijapranata.

Dalam pesan sambutannya, Rektor Unika menyampaikan secara singkat segala upaya yang dilakukan oleh Unika Soegijapranata, agar para wisudawan beserta keluarganya merasakan kesukacitaan yang tak terbatas seakan wisuda dilakukan secara nyata walaupun sebenarnya dilaksanakan secara digital atau virtual.

“Masa pandemi covid-19 ini memang bukan yang mudah bagi perguruan tinggi untuk bisa tetap melayani mahasiswa, hanya saja Unika Soegijapranata sudah memulai pengembangan teknologi informasi itu sejak tahun 2000,” papar Prof Ridwan.

Kemudian tahun 2009 dikembangkan menjadi pembelajaran daring, dan itu terus menerus, artinya bukan hanya berhenti saat itu tetapi juga dikembangkan terus pada tahun 2011,2013, 2017 juga tahun 2019 dan tahun 2020 saat pandemi datang

Jadi secara infrastruktur kami siap, dan secara sosialisasi juga sudah dilakukan melalui pelatihan oleh Wakil Rektor I bidang akademik, sehingga saat pandemi datang dan tanggal 16 Maret kita harus dilarang berkumpul di kampus, kampus langsung otomatis bisa memindah moda pembelajaran  menjadi daring dengan sedikit gejolak, lanjutnya.

“Maka kami menggunakan yang terbaik bagi mahasiswa, termasuk dengan penggunaan teknologi dalam pelaksanaan wisuda, yaitu dengan menggunakan face tracking animation,  yang untuk wisuda periode ke-IV besok Sabtu, kami menambahkan augmented reality untuk memberikan yang maksimal untuk mahasiswa,” urainya.

Sedang Bapak Paulus Pangka selaku Ketua umum LEPRID, juga memberikan penghargaan atas upaya inovasi yang dilakukan oleh Unika Soegijapranata, dengan memantapkan teknologi dalam pelaksanaan wisuda mahasiswanya.

“Saya juga sudah mendengar tentang pemantapan teknologi yang luar biasa ini. Dan masa pandemi covid-19 ini memang kami rasakan juga dampaknya, tetapi dengan apa yang dilakukan oleh Unika Soegijapranata, maka jika dulu hanya wajah yang berubah  dengan face tracking animation, sekarang ditambah lagi dengan augmented reality  saat wisuda,” katanya.

Dengan adanya pemanfaatan teknologi untuk memudahkan dalam rangka pembelajaran dan teknis pelaksanaan wisuda secara virtual di Unika, maka Unika Soegijapranata menempati urutan kedua terbanyak sebagai penerima rekor LEPRID dalam hal pemanfaatan teknologi virtual dalam bidang seni budaya dalam masa pandemi covid-19, tutupnya. (FAS)

Kategori: ,