Serah Terima Pengurus dan Pengawas Koperasi Pranata Sejahtera Unika
Senin, 21 Desember 2020 | 10:10 WIB

Para pengurus dan pengawas lama maupun baru berfoto bersama beserta Rektor dan Wakil Rektor Unika Soegijapranata

Suatu gairah baru dalam pengelolaan koperasi Pranata Sejahtera Unika Soegijapranata telah dimulai pada hari Kamis (17/12), yang ditandai dengan serah terima antara pengurus dan pengawas yang lama kepada pengurus dan pengawas yang baru.

Acara yang dilangsungkan di gedung Mikael lantai 4 Unika Siegijapranata ini juga dihadiri oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC, serta Wakil Rektor II Bidang  Adminitrasi dan Keuangan Dr  Theresia Dwi Hastuti SE MSi.Akt CPA CA, juga Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Benny Danang Setiato SH LLM MIL, serta para pengawas dan pengurus yang baru.

Dalam penjelasannya, Rektor Unika saat diminta memberikan sambutan menyampaikan adanya harapan yang besar atas peran yang strategis pada koperasi untuk menunjang kesejahteraan karyawan Unika.

” Dengan semakin meningkatnya kesejahteraan karyawan Unika, maka justru dalam kondisi tersebut karyawan Unika mulai memandang prospek yang strategis pada koperasi untuk dapat terlibat bersama universitas meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” papar Prof Ridwan.

Terlebih seluruh anggota koperasi semakin diyakinkan dengan dicetuskan dan ditandatanganinya pakta integritas oleh para pengurus dan pengawas yang akan bertugas, sebagai inisiatif mereka sendiri untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada mereka oleh seluruh anggota koperasi Pranata Sejahtera, imbuhnya.

Sedang Ketua Pengawas Koperasi Pranata Sejahtera, Benny Danang Setianto SH LLM MIL juga mengapresiasi atas perkembangan satu tahun terakhir pada koperasi Pranata Sejahtera.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus koperasi yang lama, atas upaya dan kerja kerasnya sehingga dalam satu tahun terakhir menunjukkan pengelolaan yang lebih baik, terutama dengan tersistemnya pembukuan akuntansi, sehinggga masing-masing anggota bisa secara mandiri mengetahui data keuangannya secara online dan cepat,” jelasnya.

Sementara Ketua Pengurus Koperasi Pranata Sejahtera yang baru, Valentinus Suroto SH MHum menyampaikan harapannya terkait tugas yang diembannya beserta pengurus yang lain.

“Ada beberapa hal yang akan kita terus kembangkan dalam kepengurusan koperasi yang masa jabatannya sekitar empat tahun, diantaranya adalah  pengoptimalan penggunaan dana sosial untuk kepentingan anggota seperti uang duka, santunan apabila ada anggota yang sakit, terkena musibah dan sebagainya,” tuturnya.

Selanjutnya akan kita tingkatkan pula pelayanan usaha dengan toko online, sehingga tidak memerlukan tempat yang luas karena bisa dilakukan secara online,  merealisasikan adanya usulan untuk menunjuk seorang manager yang akan mengelola koperasi secara profesional, serta  memperbaiki dan menyelesaikan persoalan pengelolaan keuangan yang nunggak sebelumnya, tambahnya.

Plafon pinjaman kemungkinan juga akan kita naikkan menyesuaikan dengan persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

“Perubahan dalam kepengurusan koperasi  selain Ketua dan sekretaris, yakni bendahara ada dua, yang satu akan kami tugasi untuk pengembangan koperasi,” tandasnya.

Menutup pesan dalam acara serah terima pengurus dan pengawas koperasi, penggagas koperasi di Unika yang turut hadir dalam acara tersebut, Drs Hudi Prawoto MM Akt berharap koperasi bisa menjadi perahu kesejahteraan bersama.

” Dalam pengelolaan laporan akuntansi kita mengenal filosofi akuntansi yaitu balance itu belum tentu benar, tetapi jika benar pasti balance,” ucapnya.

Maka ini adalah sebagai fondasi kebangkitan kita bersama, dimana usia koperasi Pranata Sejahtera sudah 26 tahun, dan momen ini menjadi tonggak untuk bisa meningkatkan performance koperasi kita supaya perkembangannya bisa pesat dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan seluruh karyawan, tutupnya. (FAS)

Kategori: ,