Rektor Unika Apresiasi Wisudawan sebagai Generasi yang Lincah
Senin, 21 Desember 2020 | 13:18 WIB

TRB 21_12_2020 Rektor Apresisasi Wisudawan

Unika Soegijapranata menggelar prosesi wisuda periode IV 2020 selama pandemi Covid-19 ini, Sabtu (19/12). 306 mahasiswa dari berbagai fakultas mengikuti proses wisuda yang dilakukan secara daring tersebut.

Namun ada yang berbeda pada proses wisuda daring kali ini. Wisuda serasa dilakukan secara langsung karena adanya teknologi Face Tracking Animation dan Augmented Reality yang memunculkan sosok Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya.

Dalam sambutannya, Prof Dr F Ridwan Sanjaya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang diwisuda, sekaligus mengapresiasi kinerja panitia yang terus berusaha memberikan yang terbaik bagi para wisudawan.

Meski di tengah pandemi Co-vid-19, tetapi semangat dan inovasi dalam pelaksanaan wisuda secara virtual.

"Mereka yang diwisuda dalam masa pandemi ini sebenarnya mereka adalah orang-orang yang hebat dan menang. Karena mereka berhasil mengatasi masalah-masalah yang muncul pada tahun ini," ucap Prof Ridwan.

Jadi, katanya, para wisudawan secara mengejutkan dihadapkan pada kondisi bahwa mereka harus berpindah dari luring ke daring. Biasanya bimbingan bisa ketemu dengan pembimbingnya di ruangan, tapi sekarang ini harus di depan Iayar.

"Mereka yang lulus pada masa pandemi ini, saya yakin mereka mempunyai kelincahan, juga passion yang dijalankan secara terus menerus secara tersistem. Seliingga mereka bisa mendapatkan kelulusannya melalui wisuda kali ini," lanjutnya.

Dalam acara wisuda virtual Unika ke-IV 2020 ini, panitia wisuda juga memfasilitasi para wisudawan yang akan menggunakan photo booth yang disediakan, sebagai wujud kecintaan Unika kepada para mahasiswa, utamanya kepada para wisudawan.

Hal lain, masih seputar wisuda atau lulusan Unika Soegijapranata, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika, Cecilia Titiek Murniati MA PhD mengatakan, Unika Soegijapranata tiap tahun meluluskan sekitar 1.500 mahasiswa.

Berdasarkan hasil tracer studi alumni Unika Soegijapranata dari tahun 2018 diketahui sekitar 85 persen lulusan bisa bekerja sesuai dengan bidang studi yang dipelajari.

"Kami menyiapkan soft skill mahasiswa sejak awal masuk. Mulai dari latihan kepemimpinan di Soegijapranata Leadership Training, dan melalui berbagai program di antaranya SCU College dan lainnya," paparnya.

sumber: Tribun Jateng 21 Desember 2020 halaman 9

Kategori: