Plasma Convalesen Sembuhkan Covid-19
Jumat, 11 Desember 2020 | 10:42 WIB

TRB 11_12_2020 Plasma Convalesen Sembuhkan Covid-19
Ada kabar baik bagi penderita Covid-19. Terapi plasma convalesen diklaim mampu menyembuhkan penderita Covid. Salah satu orang yang berhasil merasakan manfaatnya adalah Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

"Meskipun obatnya belum ada, dengan adanya plasma convalesen bisa menyembuhkan bagi penderita Covid sepanjang tidak telat penanganan," kata Hendi yang hadir sebagai penyintas Covid dalam acara Diskusi Donor Plasma Convalesen untuk Therapy Covid-19 secara daring Kamis (10/12).

Dalam acara yang diadakan Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata bekerja sama dengan Rumah Sakit St Elizabeth dan PMI Kota Semarang ini Hendi menceritakan perjalanan dirinya yang sempat menjadi pasien Covid-19. Ia mengaku, awalnya sampai menjalani tiga kali swab test, namun hasilnya negatif semua. Hingga terakhir saat sudah di awat di RSVP dr Kariadi, hasil swab dari RSUD KRMT Wongsonegoro baru diketahui positif.

"Terus terang saya kaget karena bagaimana mungkin waktu 10 hari saya di swab 3 kali hasil negatif, kemudian hari itu saya positif, kemudian saya jalani perawatan. Ditambah setelah dilakukan foto torak, paru-paru saya sudah putih, sehingga kondisi tidak baik, pihak RS menyampaikan akan disediakan plasma convalesen, dan seterusnya," ceritanya.

Setelah mendapat donor plasma convalesen, kondisi tubuhnya sudah enak, panas sudah hilang. Kabar baiknya, Minggu ia masih
merasa panas, Senin demam Selasa sudah mulai hilang. Hasil foto torak, kedua ternyata paru-parunya sudah mulai kelihatan kehitam-hitaman, sehingga ada perbaikan-perbaikan klinis, kemudian Jumat dilakukan swab, dan Sabtu pagi hasilnya negatif.

Hendi berpesan bagi warga Semarang agar memperhatikan pola makan dan standar prosedur kesehatan, seperti jaga jarak, mencuci tangan dan gunakan masker hingga menggunakan handsanitizer.

Kepala KSM Penyakit Dalam Rumah Sakit St Elizabeth dr Mika L Tobing SpPD KHOM menjelaskan, biasanya terapi plasma convalesen diberikan kepada pasien berat. "Masih banyak orang yang membutuhkan terapi plasma ini, mari bersama-sama memotivasi penyintas atau survivor Covid 19 untuk memberikan plasmanya bagi penderita Covid 19 yang membutuhkan. Karena plasma mereka dapat menyembuhkan penderita covid 19 yang berat," Mika.

►Radar Semarang 11 Desember 2020 hal. 8

Kategori: