Paradoks Pembangunan dengan Pendekatan Green Economy
Kamis, 17 Desember 2020 | 10:08 WIB

image

Pembangunan berkelanjutan didefinisikan sebagai pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi masa mendatang dalam memenuhi kebutuhan mereka. Pembangunan berkelanjutan menyerukan upaya bersama guna membangun masa depan yang inklusif, berkelanjutan dan tangguh untuk manusia dan planet.

Agar pembangunan berkelanjutan dapat dicapai, penting untuk menyelaraskan tiga elemen inti: pertumbuhan ekonomi, inklusi sosial dan perlindungan lingkungan hidup. Elemen-elemen ini saling terkait dan semuanya amat penting untuk kesejahteraan diri individu dan masyarakat.

Istilah lain yang masih satu tujuan dengan pembangunan berkelanjutan, adalah apa yang disebut sebagai green economy. Green economy dapat diartikan sebagai gagasan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan.

Indonesia, sebagai salah satu negara yang ikut meratifikasi percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s, berkewajiban membangun dengan memperhitungkan environmental ethics dan keberlanjutan atau sustainability.

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Prof Budi Widianarko (Pengajar Program Doktor Ilmu Lingkungan, Unika Soegijapranata Semarang)

 

https://www.radioidola.com/2020/paradoks-pembangunan-dengan-pendekatan-green-economy/

Kategori: