Leprid Apresiasi Terobosan Wisuda Virtual
Senin, 21 Desember 2020 | 8:40 WIB

image

Pandemi Covid 19 yang mengharuskan semua kegiatan berkerumun dicegah guna mengantisipasi penularan, tak lantas membuat acara wisuda sarjana Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang ditiadakan atau ditangguhkan.

Unika Soegijapranata tak ingin para lulusannya kehilangan momentum wisuda dengan cara menghadirkan upacara wisuda secara online menggunakan animasi yang membuat para wisudawan seolah merasakan berhadapan dengan Rektor yang melakukan prosesi pemindahan tali toga. Melalui aplikasi virtual Augmented Reality & Face Tracking Animation, wisudawan cukup memotret dirinya mengenakan toga dari rumah masing-masing dengan menyesuaikan format yang telah ditetapkan aplikasi, maka akan diolah secara otomatis menjadi rekaman video seremonial pemindahan tali toga oleh Rektor.

Rekaman ini disusun dalam rangkaian upacara seremoni yang virtual sehingga terasa seolah acara benar-benar berlangsung offline. Wisuda sarjana diikuti 306 wisudawan digelar secara online Sabtu (19/12/2020) mulai pukul 08.00 WIB disiarkan melalui Youtube dan bisa diikuti di manapun belahan bumi.

Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC, Jumat (18/12/2020) mengatakan apa yang ditempuh Unika Soegijapranata merupakan terobosan mensiasati Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. “Kalau awalnya kami menggunakan Face Trancking Animation, kini kami sudah gunakan teknologi Augmented Reality, seperti yang digunakan dalam pembuatan film-film layar lebar Hollywood. Yang jelas para wisudawan tidak kehilangan momentum wisudanya,meski tetap berada di tempat masing-masing,” ungkap Rektor.

Pada Kamis (17/12/2020), Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) menguji aplikasi dilakukan oleh Ketua Umum sekaligus pendiri Leprid, Paulus Pangka SH. Leprid menilai apa yang dilakukan Unika Soegijapranata menghadirkan wisuda sarjana secara virtual seolah nyata dengan teknologi digital merupakan terobosan menghadapi Pandemi Covid. “Ini perlu kami beri apresiasi, karena memberikan solusi ditengah pembatasan yang tidak memungkinkan menghadirkan acara secara nyata. Kenyataannya ini juga disambut baik wisudawan,” kata Paulus Pangka.

Piagam, medali dan sertifikat Leprid diberikan oleh Paulus Pangka SH kepada Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC dan Dream Light World Media selaku kreator sekaligus produser.

sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/leprid-apresiasi-terobosan-wisuda-virtual/

Kategori: