Leadership, Pemimpin Jaman Now itu Seperti Apa: Pelatihan Pengembangan Soft Skills Karir Mahasiswa (SSCC)
Kamis, 10 Desember 2020 | 7:47 WIB

Pada tanggal 9 Desember 2020 ini, berbarengan dengan Pilkada Jateng, SSCC yang kali ini diwakili oleh ibu Yuliana (Kepala SSCC dan Fasilitator) menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Soft Skills untuk pengembangan karir mahasiswa. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh 30 mahasiswa Ilmu Komunikasi. Dengan keterbatasan kondisi, pengembangan soft skills ini tetap diikuti dengan antusias.

Topik kali ini adalah tentang Leadership, Pemimpin Jaman Now.   Tujuan diberikannya materi Kepemimpinan ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang & definisi kepemimpinan, terutama persiapan bagi mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan. Pembekalan mahasiswa akan arti pentingnya Pemimpin Milenial akan sangat berguna bagi mereka, agar dapat memahami dan mempersiapkan diri di dunia kerja.

Mengenal jenis dan karakteristik kepemimpinan era sekarang atau jaman now adalah sesuatu yang sangat penting dan perlu bagi calon lulusan. Dengan memahami pemimpin yang bagaimana yang harus dipenuhi di jaman now, maka para calon lulusan diharapkan akan dapat menyamakan langkah di dunia kerja nantinya. Calon lulusan akan dapat membayangkan dan nantinya menerapkan, bagaimana harus bersikap baik sebagai anggota tim, atau bahkan nantinya mereka sebagai pemimpin.

Berbagai peralihan peradaban serta perubahan kehidupan sosial dan kemajuan teknologi sangat mempengaruhi gaya kepemimpinan. Namun demikian, sifat dasar seorang pemimpin itu akan tetap ada di dalam diri masing-masing. Peserta pelatihan dipertanyakan dengan : siapakah pemimpin itu? Maka jawabanpun akan beragam.  Sehingga pada intinya dapat diberikan benang merah bahwa seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalan, menunjukkan jalan dan bersama-sama melalui jalan tersebut untuk mencapai tujuan bersama.

Selain mengulas tentang definisi pemimpin, peserta dapat memahami tentang sifat pemimpin jaman now yang harus dipenuhi. Di Era yang serba tidak pasti ini, seorang pemimpin harus Agile (gercep – gerak cepat), Digital mindset, Colaboratif, Observer and Active Listener, Brave to be Different serta Unbeatable.

Banyak contoh yang dapat ditampilkan untuk dapat menggambarkan pemimpin jaman now dengan sifat-sifat di atas. Peserta juga distimulan untuk dapat memahami pemimpin jaman now, bahkan untuk mewujudkan pemimpin milenial. Interaktif cara online dapat tercipta sehingga pemahaman lebih mendalam.
(SSCC-Yl)

 

 

 

 

 

Kategori: