Gelar Wisuda Saat Pandemi, Rektor Unika: Wisudawan Adalah Pemenang
Minggu, 20 Desember 2020 | 11:35 WIB

image

Unika Soegijapranata di Kota Semarang, Jawa Tengah menggelar wisuda untuk mahasiswanya, pada Sabtu (19/12/2020). Namun karena masih pandemi, wisuda periode ke IV tahun 2020 ini dilakukan secara daring.

Wisuda daring ini dilengkapi dengan Face Tracking Animation dan Augemented Reality. Ada juga layanan Photo Booth secara online.

Rektor Unika Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC mengatakan para wisudawan/ wisudawati kali ini merupakan Orang Hebat dan Pemenang. Sebab mereka mampu mengatasi berbagai permasalahan yang ada selama jelang kelulusan di tengah pandemi.

"Jadi secara mengejutkan mereka ini dihadapkan pada kondisi bahwa mereka harus berpindah dari luring ke daring. Biasanya kan mereka ini bimbingan ketemu dosen di sebuah meja, tapi kali ini mereka bimbingan di depan layar ya," kata Ridwan.

Ridwan menyebut, bila tidak orang sabar dan tidak hebat, tentu tak akan bisa melewati tantangan yang ada. Menurutnya, mereka pun pantas diapresiasi. "Patut diapresiasi ini, karena mereka mampun menembus batas," jelasnya.

Ia meyakini, mereka yang lulus dan wisuda di tengah pandemi memiliki kelincahan dan fashion yang tersistem menyesuaikan situasi yang ada. Hal ini sekaligus mematahkan persepsi banyak orang yang menganggap pandemi ini adalah dunia yang tidak umum dan dunia yang aneh untuk bisa menangani berbagai permasalahan

"Bagi mereka, normal atau tidak normal, nyata atau tidak nyata, luring maupun daring, langsung atau tidak langsung ternyata bisa kok diatasi. Itu yang kita lihat di wisuda periode ini," tandas Ridwan.

Sementara itu, Ketua Panitia Wisuda Periode ke IV B Lenny Setyowati mengatakan wisuda kali ini diikuti 306 lulusan. Ia mengungkapkan wisuda virtual atau yang disebut sebagai virtual celebration sudah terlaksana sejak periode satu tahun 2020

"Virtual celebration ini kami lakukan demi keselamatan dan kesehatan seluruh pihak yang terkait," ucap Lenny yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik Unika

sumber: https://kuasakata.com/read/berita/24076-gelar-wisuda-saat-pandemi-rektor-unika-wisudawan-adalah-pemenang

Kategori: