FIKOM Berkolaborasi dengan PT BFI Finance Indonesia Tbk Selenggarakan Kuliah Umum
Senin, 7 Desember 2020 | 15:58 WIB

Kuliah Umum online FIKOM Unika bekerja sama dengan PT BFI Finance Indonesia Tbk

Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata pada hari Jumat (4/11) telah menyelenggarakan Kuliah Umum dengan bekerja sama dengan PT BFI Finance Indonesia Tbk secara online.

Topik yang dibahas dalam acara Kuliah Umum tersebut adalah “Introduction to Scrum (An Agile Software Development Framework)” dengan mengundang narasumber Danny F Wuysang dari Certified Agile Coach PT BFI Finance Indonesia Tbk, dan dihadiri pula Dekan FIKOM Robertus Setiawan Aji Nugroho ST M Comm IT PhD

Dalam paparannya Danny menyampaikan perkembangan IT dalam bisnis dewasa ini. “IT adalah salah satu bidang yang sangat pesat perkembangannya. Saat ini banyak bisnis-bisnis lain yang sangat bergantung pada IT, jadi para mahasiswa sudah tepat memilih bidang IT dalam studi di perguruan tinggi,”jelasnya.

Sedangkan Agile Software Development sendiri adalah sekelompok metode pengembangan perangkat lunak. Kumpulan metode ini juga sering disebut Agile Development Methods.

Dasar dari metode ini adalah prinsip pengembangan sistem jangka pendek dengan tingkat adaptasi yang cepat terhadap segala perubahan. Titik utama dari Agile Software Development adalah kerja sama kelompok. Metode-metode yang tergabung dalam agile menitikberatkan kolaborasi antaranggota tim agile. Agile mengacu pada konsep Agile Manifesto.

Konsep Agile Manifesto kurang lebih berarti, terus belajar untuk menemukan cara yang lebih baik untuk mengembangkan perangkat lunak dengan melakukan dan membantu sesama melakukannya, jelas Danny.

Hal ini yang menjadi alasan kenapa para mahasiswa harus belajar mata kuliah software engineering, tidak lain adalah merupakan cara yang lebih baik untuk mengembangkan software atau bekerja di bidang software.

Agile Manifesto terdiri dari empat nilai utama yaitu individu & interaksi, perangkat lunak yang bekerja dengan baik, kolaborasi dengan pelanggan, dan cepat tanggap terhadap perubahan.

Sedangkan scrum adalah salah satu framework  atau kerangka kerja dalam Agile Software Development yang paling populer, dan yang sudah menggunakan framework scrum untuk mengimplementasikan agile diantaranya adalah  gojek, tokopedia, dan bukalapak.

Jadi scrum adalah cara untuk menyelesaikan sesuatu dan merupakan kerangka kerja untuk berkolaborasi secara tim. Sehingga essensi scrum adalah bekerja dalam tim dan tim ini adalah tim kecil, yaitu terdiri dari sekitar 9 sampai 10 orang.

Dalam scrum ada rumus yang namanya 3-5-3, artinya tiga pertama adalah akuntabilitas, yaitu 3 scrum yang pertama adalah terdiri dari developers, product owner, dan scrum master. Disamping itu juga ada lima kegiatan yang terdiri dari sprint, sprint planning, daily scrum, sprint review, dan scrum prespektif. Kemudian selanjutnya adalah artefak, yang terdiri dari product backlog, sprint backlog dan dan increment. (FAS)

Kategori: ,