Tim Peneliti Unika Selenggarakan FGD Bahas OCBE
Kamis, 26 November 2020 | 16:33 WIB

Pelaksanaan FGD di Hotel Noormans

Tim peneliti penerima hibah kompetitif dari Ristek/BRIN tahun 2020 melalui skim Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) yaitu Dra. Bernadeta Irmawati, MS, Ch. Trihardjanti N, SE., M.Si dan Dr. Berta Bekti Retnawati, M.Si, ketiganya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata, pada Rabu kemarin (25/11) telah menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) yang bertemakan “Upaya Perusahaan Meningkatkan OCBE Karyawan”.

Acara yang diselenggarakan di hotel Noormans ini, diikuti oleh para praktisi SDM dari perusahaan jasa maupun manufaktur yang tergabung dalam Human Resources Akselerasi Indonesia (HAI).

Dalam pengantarnya  Dra. Bernadeta Irmawati, MS selaku ketua tim peneliti mengemukakan pentingnya mencari langkah-langkah solutif untuk meningkatkan OCBE Karyawan.

Organizational Citizenship Behavior (OCBE) adalah tindakan karyawan  di luar jobdesc nya yang dilakukan secara sukareka, secara eksplisit tidak diakui dalam sistem penghargaan formal dan memberi kontribusi pada manajemen lingkungan secara lebih efektif,” jelasnya.

Foto bersama seluruh peserta FGD

Dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa OCBE karyawan mampu meningkatkan kinerja perusahaan khususnya kinerja lingkungan. Karyawan pada dasarnya memiliki perilaku OCBE hanya kategorinya rendah atau tinggi, sehingga perlu bagi perusahaan untuk meningkatkan OCBE karyawan.

Penilaian lingkungan perusahaan tidak akan tercapai tanpa keterlibatan karyawan perusahaan dan harapannya karyawan melakukan tidak karena paksaan tetapi mereka secara sadar,sukarela dan bahkan saling membantu satu dengan yang lain agar kinerja lingkungan tercapai, tandasnya.

Sedang dari hasil FGD tersebut diperoleh informasi bahwa setiap perusahaan memiliki cara masing-masing dalam meningkatkan perilaku OCBE, dimulai dari awalnya dengan induksi kepada karyawan baru dan lama mengenai pentingnya aspek lingkungan dalam perusahaan,  pentingnya budaya organisasi  dan role model dari pimpinan perusahaan.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu peserta FGD bahwa faktor yang penting dilakukan perusahaan  untuk meningkatkan OCBE secara garis besar adalah  Pertama  perusahaan memiliki Visi-Misi dan Value yang betul- betul tertanam dalam diri karyawan. Kedua adalah budaya organisasi yang terus menerus juga ditanamkan pada karyawan. Kemudian ketiga yaitu kesiapan sumberdaya manusia  baik sebagai PIC maupun yang melaksanakan, serta keempat ialah metode yang digunakan atau dipilih oleh perusahaan misalnya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), dan kelima adalah perbaikan terus menerus (continuous improvement), terakhir perlunya terdokumentasi dan yang tidak kalah pentingnya adalah pemimpin sebagai role model dari semua perilaku OCBE di perusahaan. (FAS)

Kategori: ,