Mahasiswa Akuntansi Unika Raih Dua Prestasi Tingkat Nasional di APAFest 2020
Senin, 16 November 2020 | 17:05 WIB

Dua prestasi yang diraih oleh Jimmy Christofer

Sebuah rangkaian lomba dalam kompetisi tingkat nasional telah diselenggarakan oleh Aspiring Professional Accountants Festival (APAFest) 2020 yang dilaksanakan secara virtual.

“APAFest 2020 adalah event kompetisi yang sebelumnya sudah tiga kali diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) secara nasional. Dalam APAFest 2020 ini saya mengikuti dua lomba individu dari sekitar lima jenis lomba yang dikompetisikan di APAFest 2020. Dua jenis lomba individu yang saya ikuti adalah APA Best Paper 2020 yang berhasil meraih juara Kedua, dan National APA AWARD (National Selection for Indonesia’s most outstanding Accounting Student) yang berhasil meraih Juara Ketiga,” ujar Jimmy Christofer mahasiswa semester lima Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata ketika ditemui melalui sambungan telepon WhatsApp, pada Jumat lalu (13/11).

Lebih lanjut Jimmy menjelaskan tentang dua prestasi tingkat nasional yang berhasil diraihnya. “Dalam APA Best Paper 2020, judul paper saya adalah “Transforming Accounting Education to Promote Digital Environment for Indonesia’s Future Accountant”. Sedangkan untuk National APA AWARD, saya terpilih sebagai Juara Ketiga mahasiswa berprestasi tingkat Nasional,” jelasnya.

Jumlah peserta dalam APAFest 2020, sepengetahuan saya ada sekitar 500 peserta secara nasional. Dari jumlah tersebut diseleksi hingga terpilih 10 besar, dari 10 besar tersebut selanjutnya diseleksi kembali menjadi lima besar untuk mengikuti grand final.

“Yang termasuk dalam grand final adalah mahasiswa perwakilan dari  Unika Soegijapranata, Universitas Indonesia, Trisakti School Management, UPN Veteran Jakarta dan satu perguruan tinggi nasional lainnya,” ungkapnya.

Jimmy Christofer

Proses seleksinya juga dilakukan secara bertahap, yang pertama melalui best evaluation,  curiculum vitae dan paper yang kita kirimkan. Memasuki 10 besar, para peserta lomba diwawancara dan diajak diskusi untuk menilai kepribadian dan alasan kelayakan untuk terpilih menjadi National APA Award melalui presentasi dengan para juri, sambungnya.

“Prestasi yang berhasil saya raih ini di luar ekspektasi saya, karena peserta lainnya banyak yang memiliki prestasi di bidang akuntansi, curiculum vitae dan pengalaman kerjanya juga banyak. Hingga akhirnya saya terpilih ke lima besar dan mengalahkan perwakilan dari UNDIP, UNAIR dan UGM, melihat ini saya tambah semakin gusar dan sekaligus merasa bangga, yang pada akhirnya bisa meraih juara Ketiga National APA Award,” ucapnya bangga.

Menyampaikan pesannya bagi para mahasiswa Unika yang lain, supaya jangan ragu untuk ikut dalam kegiatan kompetisi, karena jika kita mengikuti kompetisi akan mendapatkan dua hal yaitu yang pertama adalah pengalaman dan yang kedua, kita akan menjadi lebih berkembang, tegasnya.

Melalui lomba APAFest 2020 ini ternyata menjadi peluang bagi saya untuk mendapatkan penawaran internship dari dua perusahaan Big 4 yaitu Ernst & Young dan PricewaterhouseCoopers.  Ini kesempatan langka yang sebenarnya sangat diharapkan juga oleh para akuntan lain di Indonesia, tandasnya.

Menanggapi capaian prestasi yang berhasil diraih oleh Jimmy Christofer, Alexandra Adriani Widjaja SE MSi Ak CPA  selaku dosen pembimbing yang mendampingi Jimmy saat lomba,  menyampaikan apresiasinya.

“Prestasi Jimmy di APAFest 2020 merupakan bukti bahwa kompetensi mahasiswa prodi Akuntansi FEB Unika Soegijapranata sanggup bersaing di kancah nasional,” tuturnya.

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami untuk bisa bersaing dengan sederetan universitas ternama dan bahkan terpilih menjadi salah satu pemenang. Ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya.

Jimmy juga telah memberikan contoh bagi teman-temannya bahwa menjadi mahasiswa aktif dan berprestasi akan membuka kesempatan lebih luas bagi masa depan mereka, pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,