Fakultas Kedokteran Unika Tandatangani MoU dengan Empat Rumah Sakit Secara Virtual
Jumat, 20 November 2020 | 16:44 WIB

(Sebelah kiri) Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Soegijapranata Benny Danang Setianto SH LLM MIL, dan (sebelah kanan) Dekan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dr Indra Adi Susianto MSi Med SpoG

Untuk mengakselerasikan kurikulum Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dengan  kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka maka pada Kamis (19/11) di ruang virtual Unika, telah diselenggarakan penandatanganan MoU antara Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dengan empat rumah sakit di provinsi Jawa Tengah yaitu RSUD RAA Soewondo Pati, RSJD Dr Amino Gondohutomo, Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama dan Rumah Sakit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin.

Dalam penjelasannya saat ditemui usai acara penandatanganan, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Soegijapranata Benny Danang Setinto SH LLM MIL  menyampaikan harapannya dengan kerjasama yang dibangun dengan empat rumah sakit tersebut.

“Kita menandatangani MoU dengan empat rumah sakit, yang tiap rumah sakit ini memiliki kapasitas dan keunikan masing-masing. Seperti halnya, RSUD RAA Soewondo Pati yang merupakan kelas Paripurna atau bintang lima atau kelas B untuk pendidikan, sehingga menjadi rumah sakit pendidikan utama dan nantinya akan menjadi fokus utama ketika  Fakultas Kedokteran Unika akan mengirimkan mahasiswanya untuk  kelas ke sana. Di luar itu, kita juga berjejaring dengan tiga rumah sakit lainnya yaitu RSJD Dr Amino Gondohutomo, Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama dan Rumah Sakit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin,” papar Benny.

Harapannya dengan menandatangani MoU dengan berbagai rumah sakit yang memiliki berbagai karakteristik yang berbeda akan membuat Fakultas Kedokteran Unika menjadi semakin lengkap dan membekali mahasiswanya terutama untuk siap diterjunkan ke daerah-daerah sesuai dengan janji kita  di daerah 3 T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), sehingga kita tidak sekedar mencetak dokter yang punya orientasi pada menghasilkan uang, tetapi lebih pada dokter yang bisa merawat kebhinekaan di Indonesia tercinta ini, tegasnya.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Unika, dr Indra Adi Susianto MSi Med SpoG juga mendukung apa yang disampaikan oleh Wakil Rektor IV Unika Soegijapranata tentang upaya yang dibangun melalui MoU dengan empat rumah sakit tersebut.

“Dengan kerjasama ini diharapkan para mahasiswa ini tidak hanya jago kandang, melainkan mereka juga bisa ahli di masing-masing rumah sakit yang expert di bidangnya, seperti halnya Rumah Sakit Jiwa Daerah  Dr Amino Gondohutomo. Saya harapkan para mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika juga ahli di dalam mengobati kejiwaan dari pasien-pasien yang merupakan bagian dari bekal dari mahasiswa tersebut untuk terjun ke masyarakat,” tutur dr Indra.

Saya harapkan pula mereka nanti juga akan menjadi dokter yang memiliki empati sesuai dengan jiwa Mgr Soegijapranata. Sehingga dengan demikian lulusan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata adalah lulusan yang benar-benar punya hati dan tidak hanya ilmu yang pandai tetapi juga punya empati dan dapat mengobati, supaya Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang, pungkasnya. (FAS)

Kategori: ,