Unika Gunakan Realitas Berimbuh dalam Konsultasi Virtual
Senin, 5 Oktober 2020 | 10:36 WIB

Konsultasi virtual Unika dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) atau Realitas Berimbuh

Dengan kondisi saat ini yang belum memungkinkan bagi sekolah-sekolah untuk menyelenggarakan expo pendidikan secara langsung, maka kegiatan rutin tahunan tersebut kini diadakan dalam format yang berbeda yaitu secara virtual atau daring.

Hal ini dilakukan mengingat kebutuhan siswa-siswi SMA/SMK/MA untuk mendapatkan informasi dan wawasan dalam merancang rencana studi saat lulus nanti. Peserta expo pendidikan dari berbagai kampus juga tidak kalah antusiasnya dalam mempresentasikan profil perguruan tingginya, tidak terkecuali Unika Soegijapranata.

Teknologi Augmented Reality (AR) atau Realitas Berimbuh yang telah diterapkan pada saat wisuda periode ke-3 di tahun 2020, kini juga diterapkan pada saat Unika mempresentasikan berbagai program studinya di hadapan siswa  secara virtual.

Sebagian besar siswa-siswi memang telah mempersiapkan aplikasi yang diunduhnya dari PlayStore maupun AppStore untuk menjawab berbagai kuis yang memanfaatkan AR dari layar laptop atau smartphone masing-masing.

Bisa ditonton di laman YouTube : https://youtu.be/Z3iU06tjBxo?t=3510

Menurut Vera Retnowati ST MM, Kepala UPT Promosi dan Rekrutmen Mahasiswa (PRM) Unika Soegijapranata, pemanfaatan Realitas Berimbuh dalam pengenalan program studi bertujuan untuk semakin mendekatkan dunia siswa-siswi dari Gen-Z yang telah terbiasa dengan hal-hal canggih seperti ini, sekaligus mengenalkan berbagai hal yang telah tersedia di Unika. Selain dalam wisuda, Realitas Berimbuh juga digunakan untuk membantu mahasiswa di perpustakaan dalam mengetahui rangkuman isi buku.

Dalam konsultasi virtual pada hari Jumat, tanggal 2 Oktober 2020, selain memperoleh penjelasan mengenai berbagai program inovatif di Unika Soegijapranata, siswa-siswi juga mendapatkan pengalaman-pengalaman virtual yang memperkaya wawasan akan teknologi digital saat ini.

Vera menegaskan bahwa lifestyle anak muda sangat terakomodasi di kampus Unika dengan cara-cara yang terintegrasi dalam berbagai kegiatan akademik. “Selain mengalami kesukacitaan dalam belajar, mahasiswa dapat semakin siap menghadapi perubahan melalui berbagai perjumpaan dengan layanan-layanan kampus yang inovatif sehingga menjadikan Unika sebagai rumah belajar untuk ber-ekspresi, kreasi dan koneksi,” pungkas Vera.

Kategori: ,