Tim Unika Raih Juara di Kompetisi Debat Nasional
Selasa, 6 Oktober 2020 | 15:46 WIB

TRB 5_10_2020 tim Unika Raih Juara di Kompetisi Debat Nasional
Tim debat Unika Soegijapranata juara satu National University Debate Championship (NUDC) 2020.

Sebelumnya, telah diumumkan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada bulan Agustus lalu, Unika masuk dalam tahap 1 bersama 112 tim dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, NUDC 2020 terkendala pandemi Covid-19, oleh karena itu untuk pertama kalinya ajang kompetisi NUDC diselenggarakan secara online.

Seleksi tahap satu ini telah diselenggarakan 24-29 September 2020, secara online. Dalam tahap kompetisi NUDC nasional 2020 tersebut tim debat Unika Soegijapranata diwakili oleh debaters Jimmy Christofer, Yosephin Tiara Putri Dewanti, serta N-1 Adjudicator Olivia Leony.

Dari tahap seleksi tahap ini, ketiga mahasiswa ini menjuarai NUDC 2020 dengan mengalahkan tim debaters dan ratusan wakil PTN dan PTS se-Indonesia. Dengan ini ketiganya telah mengharumkan nama Unika Soegijapranata di kancah prestasi nasional sebagai juara 1.

Dalam wawancara singkat melalui telepon, salah satu tim debater NUDC 2020 Unika Soegijapranata, Yosephin Tiara Putri Dewanti, mengemukakan kegembiraannya dengan prestasi yang berhasil dicapai oleh tim debaters Unika Soegijapranata.

Tiara, panggilan akrabnya, menyampaikan NUDC merupakan kompetisi debat yang dilaksanakan tiap tahun di Indonesia dan diikuti oleh seluruh PTN atau PTS di Indonesia yang mewakili masing-masing wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) di Indonesia.

"Unika Soegijapranata merupakan salah satu yang lobos dalam seleksi dan mewakili LL Dikti Wilayah VI untuk maju ke tahap Nasional dan bersyukur kita berhasil meraih juara I tingkat nasional," terang Tiara yang masih studi di Fakultas Teknologi Pertanian Unika.

Capaian prestasi itu, tim debaters Unika Soegijapranata meraih juara I dalam kategori Novice. Sabah satu debaters dari tim Unika yaitu Jimmy Christofer mendapat Top Fifth Best Speaker di NUDC 2020.

Saya mewakili tim debat-ers NUDC 2020 Unika ber-harap NUDC tahun depan kita bisa ke Main Draw Cate-gory dan masuk dalam semi final NUDC 2021, atau jika masih di Novice Category kita bisa masuk ke grand fi-nal lagi," ujar Tiara.

►Tribun Jateng 5 Oktober 2020 hal. 9

Kategori: