Teknik Wawancara Bagi Calon Pelamar, Pelatihan Moda Daring dari SSCC
Kamis, 22 Oktober 2020 | 14:46 WIB

Webinar Teknik Wawancara yang diselenggarakan oleh UPT Pusat Karir Mahasiswa – SSCC bekerjasama dengan program studi Ilmu Komunikasi telah diadakan selama 2 kali pertemuan yaitu tanggal 14 dan 21 Oktober. Antusiasme peserta dari Prodi Ilmu Komunikasi masih sangat tinggi, yaitu sekitar 47 mahasiswa yang berada di semester V dan VII.

Salah satu kegiatan utama dari UPT Pusat Karir Mahasiswa – SSCC adalah memberikan pembekalan kepada mahasiswa Unika untuk menjadi lulusan plus. Calon lulusan yang menempuh perkuliahan minimal semester V adalah mahasiswa yang kiranya telah memiliki goal seting – hendak kemana mereka setelah lulus nanti. Pada seri yang lalu, mahasiswa sudah dibekali dengan cara membuat goal seting yang diumpakan sebagai pohon tujuan pribadi. Seri ini akan memantabkan mereka dalam melihat ke depan, apa yang akan mereka susun dan lakukan untuk mencapai cita-cita mereka.

Webinar seri Teknik Wawancara ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu pertemuan 1 membahas seputar pertanyaan yang sering terlontarkan oleh pewawancara dari HR perusahaan. Diawali dengan pertanyaan-pertanyaan ringan yang menjadi pembuka wawancara yang juga harus dijawab dengan ‘cantik’ dan bukan asal curhat yang harus disadari oleh job seeker. Seringkali job seeker terjebak dengan pertanyaan oleh HRD yang memang make it personal.

Sebelum kegiatan dimulai, peserta diberikan tugas terlebih dahulu oleh pemateri 10 hari sebelumnya. Tugas mereka adalah membuat video singkat yang berisi percakapan antara HRD dan job seeker. Mereka diminta untuk memvisualisasikan pertanyaan, sikap serta jawaban atas kondisi wawancara kerja baik secara online ataupun offline. Kreativitas muncul di sini dan mahasiswa sangat terpacu untuk mengetahui akan segala hal tentang teknik wawancara.

Materi yang diberikan oleh pak Alvon, panggilan dari Alvonsus Ponco Hadi, S.Kom, MM sebagai fasilitator, menjadi terasa berbobot meski disampaikan dengan cara ringan karena semua peserta terbawa dalam suasana. Keseriusan di balik candaan peserta yang melontarkan pertanyaan seputar wawancara kerja ini sangat mendukung masuknya point-point yang dibutuhkan bagi mereka.

Ada 10 video wawancara kerja dari mahasiswa ilmu komunikasi yang kreatif. Sangat membanggakan dengan hasil karya mereka ini. Dari ke-10 video peserta, pak Alvon menayangkan satu video yang paling menarik di kelas pelatihan dan dikomentari oleh peserta, sehingga pemahaman teknik wawancara menjadi lebih mengena.

Dijelaskan pula DO and DON’T yang harus dipahami bagi peserta saat mereka melakukan test wawancara. Demikian pula dengan pertemuan kedua dengan materi gesture and performance.  Peserta harus mengirimkan foto diri mereka dengan pakaian yang mereka rasa cocok dengan posisi pekerjaan yang akan mereka apply. Hampir semua peserta telah memahami bagaimana mereka harus berpenampilan yang sesuai.

Ibu Yuliana, fasilitator lain yang juga sebagai Kepala Pusat Karir Mahasiswa-SSCC,  turut memberikan tips and trick bagaimana job seeker harus menatap wajah HRD agar tidak berkesan menantang. Begitu pula dengan wawancara online yang saat ini menjadi cara utama perusahaan menghadirkan jobseeker dalam wawancara, memerlukan tips tersendiri.

Serial pelatihan selanjutnya adalah tentang Motivasi Kerja dan Manajemen Konflik selama bulan November 2020. Kegiatan serial ini sudah terjadwalkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi untuk pengembangan diri mahasiswanya. (sscc-yl)

Kategori: ,