Sidang Akhir, Tanda Paripurna Tugas
Jumat, 23 Oktober 2020 | 10:23 WIB

Pelaksanaan sidang akhir SMF dan BEMF Psikologi via google meet

Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) Psikologi Periode 2019/2020 melaksanakan sidang akhir pada Kamis (22/10). Sidang akhir sendiri merupakan program terakhir dari SMF Psikologi sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanan program terhadap teman-teman mahasiswa Fakultas Psikologi lain.

Pada acara ini hadir sebagai perwakilan dari Dekanat Fakultas Psikologi, yaitu Eugenius Tintus Reinaldi, S. Psi, M. Psi. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Psikologi. Selain itu hadir pula anggota terpilih SMF dan BEMF Psikologi Periode 2020/2021, perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) dan Pra-UKMF Psikologi, perwakilan kelas dan angkatan, serta teman-teman mahasiswa lain.

Acara yang dilaksanakan melalui Google Meet Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Psikologi ini, dimulai dengan presensi kehadiran peserta sidang, dilanjutkan dengan doa pembuka oleh,Adelina Grace, menyanyikan hymne Unika Soegijapranata, dan pengesahan peraturan sidang yang dibawakan oleh Panitia Pelaksana Sidang (PPS) Periode 2019/2020 yang diketuai oleh Bernardino Realino Satya Wahyu Nugroho.

Berikutnya acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua SMF Periode 2019/2020, Carolus Pandu Arya Yasa. Pandu dalam sambutannya menyebutkan bahwa sudah menjadi tugas ormawa (SMF dan BEMF, red) untuk melayani teman-teman mahasiswa Fakultas Psikologi walaupun dalam keadaan online seperti ini. Menurutnya semua pihak mengalami penyesuaian dan tidak mudah, seperti adanya webinar, konsep kepanitiaan yang diganti menjadi online, dan sebagainya. Namun Pandu tetap bersyukur bahwa dalam penyesuaian pun ormawa telah mengusahakan yang terbaik. “Ini semua menjadi satu titik penting untuk mencari kemendalaman dalam suatu sistem. Memang tidak mudah, tapi saya sungguh mengapresiasi teman-teman yang sudah merancangnya,” tuturnya.

Pandu pun juga memberikan beberapa pesan untuk ormawa periode berikutnya. “Pesan saya mewakili periode yang lama kepada ormawa baru: tetap semangat dan jangan pernah berhenti belajar terlibat.” Tutup sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Psikologi, Eugenius Tintus Reinaldi, S.Psi, M. Psi.

Pak Aldi –begitu sapaan akrab beliau- turut berbangga dan berbahagia atas dinamika yang sudah terjadi selama satu periode ini. “Mungkin ini ormawa yang paling dinamis. Kita setengah periode yang masih bertemu langsung, setengah periode berikutnya langsung online. Banyak proker dirubah, tapi ini menunjukkan betapa teman-teman memiliki kemampuan adaptif yang luar biasa. Ini merupakan bekal yang sangat baik bagi teman-teman,” begitu tutur Pak Aldi.

Beliau pun tidak henti-hentinya mengapresiasi kinerja ormawa walaupun tetap menekankan bahwa evaluasi jangan sampai dilupakan. “Teman-teman semua hebat, yang dilakukan sudah merupakan yang terbaik, namun jangan lupa evaluasinya. Well done untuk semuanya,” tambah beliau.

Seusai sambutan Pak Aldi, acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban SMF oleh Carolus Arya Pandu Yasa selaku Ketua SMF Psikologi.

Dari 13 proker yang dicanangkan, ada 2 program yang tidak berhasil dieksekusi sehingga total keberhasilan proker SMF Psikologi sendiri mencapai angka 84,6%. Selesai SMF, kini giliran BEMF Psikologi menyampaikan laporan pertanggungjawabannya. Hal ini dibawakan oleh Dominikus Aditya Putra Pradana selaku Ketua BEMF Psikologi. BEMF pun menuai prosentase keberhasilan yang apik. Dari 13 proker, hanya 2 program yang gugur sehingga prosentase keberhasilannya pun mencapai 84,6%. Pembacaan laporan pertanggungjawaban pun rampung dan menandakan bahwa tugas dan pelayanan SMF dan BEMF Psikologi selesai dimana ditunjukkan dengan pernyataan oleh PPS 2019/2020 bahwa periode tugas SMF dan BEMF Psikologi Periode 2019/2020 telah selesai.

Sidang akhir dilanjutkan dengan menyanyikan mars Unika Soegijapranata dan doa penutup. Namun acara belum benar-benar usai. Masih ada penghargaan berupa Best UKMF/Pra-UKMF beserta Best Kepanitiaan. Ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras kepanitiaan dan UKMF/Pra-UKMF yang sudah berusaha berdinamika secara dinamis dalam situasi pandemi seperti ini. Terdapat 3 penghargaan Best UKMF/Pra-UKMF, yaitu penghargaan UKMF Tergesit, Teraktif, Ter-“Komunikatif” dan 2 penghargaan untuk Best Kepanitiaan, yaitu Best Acara dan Best Teamwork. Penghargaan UKMF Tergesit jatuh kepada Hypnomorphosis, kemudian UKMF Teraktif jatuh kepada Sunrice, dan UKMF  Ter-“Komunikatif” jatuh kepada Psikopala. Kemudian Penghargaan Best Acara jatuh kepada kepanitiaan Astaguna 2020 dan Best Teamwork jatuh kepada kepanitiaan LKTD 2020. Dengan berakhirnya pembacaan penghargaan UKMF/Pra-UKMF dan kepanitiaan berakhir pulalah Sidang Akhir Ormawa Psikologi Periode 2019/2020. Proficiat bagi Ormawa Psikologi Periode 2019/2020 atas dinamika dan pelayanannya selama satu tahun. (FFI/SMF Psikologi).

Kategori: ,