Siap dengan Program Inovatif untuk Generasi Z
Selasa, 20 Oktober 2020 | 9:09 WIB

image

BLESSING in disguise. Ungkapan inilah yang sering disuarakan Benny D Setianto di masa pandemi covid-19.

Ditujukan kepada sivitas akademika Universitas Katolik Soegijapranata, Wakil Rektor IV itu bermaksud menyemangati mereka. "Blessing in disguise tidak hanya bermakna selalu dan tetap bersyukur di banyak keadaan. Tapi ketika masa sulit datang, dengan respons yang tepat, peristiwa itu malah akan membawa berkah," tuturnya.

Ketika pandemi datang, Kementerian Pendidikan menyikapinya dengan program dan kebijakan Kampus Merdeka. Dunia perguruan tinggi diajak memiliki pola pikir pembelajaran baru.

Unika Soegijapranata, lanjut Danang, telah menyiapkan diri sebelum pandemi datang. Sejak 2011 silam, universitas yang berpusat di Kota Semarang, Jawa Tengah, ini telah menyiapkan proses digitalisasi kampus. Setidaknya sudah ada 21 aplikasi digital yang diterapkan dalam proses belajar mengajar di lingkungan kampus.

"Pandemi membuat Unika bisa mengoptimalkan digitalisasi itu sehingga proses pembelajaran tidak pernah terhenti. Tentu saja dengan kualitas yang sangat bisa dipertanggungjawabkan," tambahnya.

Model kelas tanpa tembok itu juga membuat banyak praktisi bisa terlibat memperkaya pengetahuan mahasiswa. Dengan kata lain, Kampus Merdeka justru bisa terselenggara secara efektif dan efisien saat pandemi ini.  

Generasi Z

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Pak Beni ini menambahkan bahwa jawaban atas tuntutan generasi Z dan kebutuhan mendatang sudah disiapkan Unika. Sejak 2009 lalu, kampus ini sudah menghadirkan program-program inovatif. Di antaranya game technology dan Englishpreneurship.

Semangat untuk melahirkan program inovatif baru semakin menguat ketika pembangunan kampus baru terwujud. Berlokasi di jantung bisnis baru pengembangan Kota Semarang di BSB City, ada 10 program innovatif baru bagi generasi Z disiapkan Unika. Tujuannya, mengembangkan talenta mereka untuk kebesaran Tanah Air dan kemanusiaan.

Unika, lanjutnya, bertekad menggabungkan ketaatan pada standar metode ilmiah yang terunggul, semangat eksplorasi anak muda, dan daya kreasi terkini. Ketiganya dipadukan dengan pemanfaatan dan pengembangan dunia digital, Klaster Program Inovatif (Innovative Program Cluster) untuk menyiapkan pendidikan yang melampaui zamannya.

"Untuk memberi lingkungan yang baik bagi pengembangan teknologi, bangunan kampus Unika tampil dengan semangat green building. Konstruksinya mengadopsi teknologi terkini, serta kedekatan program yang ditawarkan dunia usaha. Dengan fasilitas yang tersedia, kami berusaha mewujudkan keinginan untuk mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia usaha dan industri," tambah Pak Beni.

SCU College juga dihadirkan untuk mempersiapkan generasi Z siap bertarung di kancah global. Mereka juga mendapat kesempatan menempuh pendidikan gelar ganda dan pengalaman internasional lainnya, seperti internship di perusahaan skala global serta penelitian-penelitian internasional.

Dengan pendekatan Whole Person Education, SCU College menantang generasi Z untuk terlibat mengolah diri mereka dengan cara berbeda. Berani menerima tantangan?

image

https://mediaindonesia.com/read/detail/354171-siap-dengan-program-inovatif-untuk-generasi-z

Media Indonesia 20 Oktober 2020, hal. 17

Kategori: ,