Melangkah Bersama dalam Harmoni
Rabu, 28 Oktober 2020 | 17:19 WIB

Sidang Awal Ormawa Fakultas Psikologi periode 2020/2021

Pada Jumat (23/8) Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) Psikologi Periode 2020/2021 menyelenggarakan sidang awal organisasi mahasiswa (ormawa) secara daring melalui Google Meet.

Acara yang dimulai pada pukul 18.00 WIB ini dihadiri oleh kurang lebih 90 mahasiswa. Para mahasiswa ini terdiri dari anggota SMF, BEMF, UKM, Pra UKM, perwakilan kelas, dan mahasiswa Fakultas Psikologi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Eugenius Tintus Reinaldi, S.Psi., M.Psi. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Psikologi.

Sidang dibuka dengan doa yang dibawakan oleh Thomas Ari Wicaksono, menyanyikan hymne Unika Soegijapranata, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Flaviantius Febriano Iko selaku ketua SMF Psikologi. Menurut Iko, sidang awal merupakan langkah pertama dari Ormawa Fakultas Psikologi dan peresmian serta pelantikan ormawa. “Ini berarti seluruh ormawa sudah siap untuk bergerak, melangkah bersama, dan berdinamika dalam seluruh kegiatan yang sudah dirancang untuk satu periode kedepan,” tuturnya.

Menurutnya sidang awal diharapkan dapat menjadi sarana sosialisasi terutama bagi teman-teman mahasiswa lain untuk mengetahui apa yang coba ditawarkan oleh teman-teman SMF dan BEMF Psikologi sebagai bentuk pelayanan dan pengabdian mereka.

Dalam sambutannya Iko juga mengajak seluruh peserta sidang untuk ikut aktif terlibat dalam pengkritisan program kerja ormawa periode 2020/2021 sehingga dapat dilaksanakan dengan baik nantinya.

Sambutan oleh Bapak Eugenius Tintus Reinaldi, S.Psi., M.Psi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Pak Aldi –panggilan akrab beliau- membuka sambutannya dengan kalimat berikut, “Setelah kemarin kita bicara soal penutupan teman – teman ormawa yang lama, sekarang kita bicara soal pembukaan sebuah siklus yang baru, ormawa – ormawa yang baru,” tutur beliau.

Pak Aldi mengucapkan selamat datang dan selamat berdinamika untuk teman – teman ormawa serta tak lupa mengapresiasi keberanian teman – teman orwama untuk terus maju di tengah segala permasalahan yang hadir dalam situasi yang baru dan asing sejak semester lalu. “That’s good. That’s nice. Bisa dibilang teman-teman sudah ditempa sejak dini,” tambah beliau.

Acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan Panitia Pelaksana Sidang (PPS) yang disimbolisasi dengan penyerahan surat dari PPS lama ke PPS yang baru yang akan menjabat. Surat dibacakan oleh Bernardino Realino Satya Wahyu Nugroho selaku Ketua PPS Periode 2019/2020. Setelah disahkan, PPS Periode 2020/2021 membaca sumpah PPS. Dengan pembacaan sumpah tersebut, PPS Periode 2020/2021 yang diketuai oleh Alice Devina Pratama resmi menjabat.

Jalannya acara pun diambil alih oleh PPS Periode 2020/2021 dan dilanjutkan dengan pengesahan tata tertib sidang awal.

Selanjutnya acara beralih kepada prosesi pelantikan Ormawa Fakultas Psikologi. Pertama-tama dibacakan terlebih dahulu Surat Keputusan Pengangkatan Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi Periode 2020/2021 oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Selesai pembacaan, satu per satu anggota SMF mendeklarasikan dirinya kemudian mengucap sumpah janji SMF. Hal yang sama pun dilakukan oleh BEMF. Pak Aldi membacakan Surat Keputusan Pengangkatan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Periode 2020/2021. Kemudian seperti SMF, anggota BEMF pun mendeklarasikan dirinya satu per satu dan mengucapkan sumpah janji BEMF. Pelantikan terakhir dilanjutkan dengan pelantikan UKMF dan Pra UKMF. Satu per satu anggota perwakilan UKMF dan Pra UKMF Psikologi dipanggil, kemudian mendeklarasikan diri, dan membacakan sumpah janji UKM dan Pra UKM Fakultas Psikologi. Prosesi pelantikan pun usai.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan serta pengesahan Garis Besar Haluan Kemahasiswaan (GBHK) Fakultas Psikologi yang merupakan arah dasar dan landasaan bergerak kegiatan kemahasiswaan yang diorganisir oleh BEMF selama satu periode ke depan.

Usai pengesahan GBHK, ketua sidang mempersilahkan BEMF dan SMF membacakan Rencana Kerja Tahunan (RKT) mereka. RKT sendiri merupakan bentuk implementasi GBHK yang sudah diarahkan dengan cita-cita, visi dan misi, serta tema karya universitas maupun fakultas. Pembacaan RKT SMF dilakukan oleh Ketua SMF Periode 2020/2021, Flaviantius Febriano Iko.

Pada periode ini SMF memiliki 11 rangkaian program kerja yang akan dilakukan untuk mewadahi perkembangan teman-teman mahasiswa dan SMF sendiri. Pembacaan RKT selanjutnya dilakukan oleh BEMF yang dibacakan oleh Ketua BEMF Peiode 2020/2021, Amadeus Dimas Anggita Winardi.

BEMF periode ini membawakan program kerja yang sedikit lebih banyak dari SMF, yaitu 13 rangkaian program kerja. Harapannya 13 program kerja ini mampu menjadi wadah perkembangan teman-teman mahasiswa lain dan anggota BEMF sendiri. Selama dinamika sidang awal pun suasana yang diciptakan begitu hidup. Berbagai pertanyaan dan pengkritisan dilontarkan ke sana-sini menunjukkan minat dan partisipasi aktif dari peserta selama berjalannya sidang ini. Sidang awal berakhir pada pukul 21.55 WIB dengan sebelumnya didahului dengan menyanyikan mars Unika Soegijapranata dan berdoa yang dipimpin oleh Maria Bunga Runtung. Proficiat dan selamat berkarya anggota Organisasi Mahasiswa Fakultas Psikologi Periode 2020/2021. (DPS/VDP/FFI/SMF-Psikologi).

Kategori: ,