Aplikasi Delta, Terobosan Perpustakaan Unika Soegijapranata Motivasi Mahasiswa Tugas Akhir
Senin, 5 Oktober 2020 | 13:52 WIB

image

Sejak 2019 lalu, Unika Soegijapranata meluncurkan aplikasi Dokumentasi Elektronik Tugas Akhir (Delta). Ketika pandemi Covid-19 pada awal 2020, semua aktivitas pembelajaran harus dialihkan ke model daring.

Ketua UPT Perpustakaan Unika Soegijapranata Rikarda Ratih menyatakan, Delta sangat membantu menjembatani kebutuhan bimbingan Tugas Akhir dengan dosen pembimbing. "Bukan hanya bimbingan berkas Tugas Akhir saja yang bisa dilakukan tetapi juga bimbingan tatap muka secara daring karena fitur video conference telah diintegrasikan di dalamnya," kata Ratih di Semarang, Senin (5/10).

Seminar tugas akhir, pemeriksaan anti-plagiasi dan pendaftaran wisuda, menjadi fitur-fitur yang disediakan oleh sistem informasi Delta. Dengan adanya dokumentasi elektronik, maka semua aktivitas tercatat dengan baik seperti tanggal unggah berkas, tanggal respon dosen dan mahasiswa, sampai dengan proses nilai dan pemeriksaan anti-plagiasi.

Semua pihak baik orangtua, mahasiswa, dan dosen dapat saling memantau perkembangan tugas akhir yang sedang dilaksanakan. Orangtua juga dapat melihat proses bimbingan Tugas Akhir anaknya melalui dalam sintak.unika.ac.id/ortu. Dengan berkembangnya konsep Gamifikasi dalam pembelajaran yang juga diterapkan di dalam Cyber Learning, perpustakaan Unika Soegijapranata merasa perlu melakukan terobosan juga terkait konsep Gamifikasi di dalam Delta.

Inovasi ini dibuat agar mahasiswa semakin bersemangat dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Setiap aktivitas mahasiswa dalam bimbingan Tugas Akhir akan mendapatkan penilaian oleh sistem, dari sisi kecepatan, ketekunan, kegigihan, keakuratan, dan persentase tahapan penyelesaian.

Aktivitas yang dinilai antara lain kecepatan dalam merespon dosen pembimbing, jumlah bimbingan yang sudah dilakukan, kegigihan dalam bimbingan tugas akhir, dan akurasi dalam menjalani proses tugas akhir. Setiap mahasiswa dapat melihat informasi tersebut melalui tampilan penilaian keseluruhan mahasiswa dalam satu program studi.

Harapannya, melalui terobosan ini, mahasiswa semakin termotivasi dalam menyelesaikan Tugas Akhir dalam waktu yang telah ditetapkan. Menurut Ratih, penerapan konsep ini ke dalam bimbingan tugas akhir merupakan hal baru dan pertama di dunia pendidikan tinggi.

https://www.suaramerdeka.com/regional/semarang/242621-aplikasi-delta-terobosan-perpustakaan-unika-soegijapranata-motivasi-mahasiswa-tugas-akhir

Kategori: