Yudisium FTP Unika, Periode III Tahun 2020
Selasa, 22 September 2020 | 9:54 WIB

Pemberian Penghargaan Wisudawan Terbaik

Fakultas Teknologi Pertanian kembali mengadakan acara yudisium yang merupakan acara yang rutin diadakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian setiap kali ada acara wisuda. Yudisium kali ini diadakan bagi calon wisudawan-wisudawati Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata yang telah lulus di bulan September tahun 2020.

Yudisium Periode III ini dilaksanakan pada hari Kamis, 17 September 2020 melalui platform Zoom dengan bantuan dari Food Microorganizer, sebuah kepanitiaan yang dibawahi oleh Divisi Pelaksana Umum BEMF-TP dan diketuai oleh Saudari Agnes Putri Nugroho.

“Tujuan dari acara yudisium ini adalah sebagai bentuk pelepasan fakultas untuk kakak-kakak yudikata yang telah berhasil menyelesaikan masa studi di Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata serta telah berhasil meraih gelar Magister Teknologi Pertanian dan Sarjana Teknologi Pertanian,” ungkap Agnes yang diwawancarai melalui LINE.

Acara ini diikuti oleh seluruh wisudawan-wisudawati Fakultas Teknologi Pertanian, beserta orangtua wisudawan-wisudawati, dosen dan tenaga kependidikan, juga turut hadir pula tamu undangan.

Acara ini diawali dengan pembukaan MC atau pembawa acara oleh Ellen Kristina dan Christopher Mario sekaligus memimpin doa. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Unika Soegijapranata yang dipandu Gratia Choir melalui rekaman video yang ditampilkan oleh host.

Acara selanjutnya adalah sambutan oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Dr R Probo Y Nugrahedi STP MSc. Dalam sambutannya, Dr Probo menyampaikan bahwa pada periode ini ada 32 calon wisudawan-wisudawati dari program studi S1 dan 8 calon wisudawan-wisudawati dari program S2 Teknologi Pertanian. Dr Probo juga menyampaikan pesan agar calon wisudawan-wisudawati harus tetap memiliki semangat untuk terus berkembang walaupun telah lulus dari Fakultas Teknologi Pertanian.

Acara selanjutnya adalah pembacaan surat keputusan tentang daftar nama wisudawan-wisudawati Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata oleh Dr A Rika Pratiwi MSi.  Dengan berakhirnya pembacaan surat keputusan tersebut calon wisudawan-wisudawati telah dinyatakan berhak menyandang gelar S1 dan S2 Teknologi Pertanian sesuai program studi yang diambil.

Acara dilanjutkan dengan Yudisium dan pemberian penghargaan bagi wisudawan-wisudawati berprestasi, teraktif, cumlaude, dan terbaik Periode III September 2020. Acara dilanjutkan dengan penyerahan alumni ke IKATETA dari Dr R Probo Y Nugrahedi STP MSc kepada Ibu Dea N Hendryanti STP MSc.

Pada acara yudisium kali ini juga disampaikan kesan dan pesan selama kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata oleh perwakilan wisudawan Magister dan Sarjana Teknologi Pertanian yaitu  Ida Mariani STP MTP, Isabella STP, dan Yauw, Ellen Tiffania, STP.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama dan video kenang-kenangan. Penayangan video kenang-kenangan membuat acara Yudisium ini dipenuhi dengan suasana haru. Wisudawan-wisudawati terlihat gembira, begitupun dengan para dosen yang terlihat begitu bangga bisa menghantarkan anak didiknya sampai menyandang gelar sarjana maupun magister. Di akhir acara, Food Microorganizer memberikan ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati melalui video. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Mars Unika Soegijapranata dan doa penutup oleh MC. Acara ini pun dimeriahkan dengan penampilan TP Kustik walaupun tidak secara live.

Agnes selaku ketua dari acara Yudisium Periode III ini mengungkapkan adanya perasaan bahagia sekaligus lega karena sudah bisa mengadakan Yudisium bagi kakak-kakak Yudikata walaupun dengan media dan cara yang berbeda. Akan tetapi, ada terbersit perasaan sedih pula yang terasa karena yudisium tidak bisa berlangsung seperti sebelumnya yang bisa bertemu dan bertatap muka secara langsung dengan kerabat dan keluarga besar Fakultas Teknologi Pertanian.

“Untuk kakak-kakak sekalian. Saya dan segenap keluarga besar Food Microorganizer Periode 2019/2020 mengucapkan selamat atas kelulusan kakak-kakak. Semoga kakak-kakak selalu dalam kondisi sehat dan baik serta semoga bekal ilmu dapat dikembangkan pada kehidupan dan bermanfaat bagi sesama,” begitulah harapan Agnes untuk kakak-kakak tingkat yang baru saja lulus pada yudisium periode kali ini.

(Vidia & Veni)

Kategori: ,