Webinar Perempuan dan Disabilitas 2020 "Not All Heroes Wear Capes!"
Selasa, 8 September 2020 | 10:43 WIB

WhatsApp Image 2020-10-01 at 09.43.22
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum dan Komunikasi Universitas Katolik Soegijapranata pada tanggal 5 September 2020 lalu menyelenggarakan sebuah Webinar mengenai Perempuan dan Disabilitas secara daring melalui ZOOM Cloud Meetings. Acara ini dilaksanakan tepatnya pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Acara Webinar ini mengangkat tema "Kemerdekaan Perempuan dan Disabilitas" dengan judul "Not All Heroes Were Capes!" atau dalam artian bahwa tidak selamanya sosok pahlawan itu menggunakan jubah, bisa saja ternyata kita sendiri adalah seorang pahlawan.

WhatsApp Image 2020-10-01 at 09.43.20Acara ini diisi oleh tiga pembicara yakni Hotmauli Sidabalok, SH., CN., M.Hum selaku dosen Fakultas Hukum dan Komunikasi UNIKA, Poppy R. Diharjo selaku penggagas @pentasindonesia dan Aisyah Adriani, S. Pd. selaku wakil ketua HDWI Kota Semarang, serta dimoderatori oleh Kho, Hanna Sindhunata selaku mahasiswi Ilmu Komunikasi 2019 UNIKA.

Acara ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada semua orang baik laki-laki ataupun perempuan, mau pun yang memiliki disabilitas maupun yang tidak untuk dapat bersama-sama bisa saling menghargai satu dengan yang lainnya. Kami juga berkeinginan untuk mengubah pandangan bahwa pahlawan itu bukan sosok yang impossible, namun sebenarnya justru kita lah sang pahlawan itu jika kita mau berdampak positif untuk lingkungan di sekitar kita.

Di dalam Webinar Perempuan dan Disabilitas 2020 ini, kami juga ingin mengenalkan bahwa disabilitas itu dapat hidup berdampingan dengan yang tidak disabilitas, bahwa disabilitas dapat melakukan segala aktivitasnya dengan baik tanpa terganggu dengan keterbatasan fisiknya.

Webinar ini diikuti baik mahasiwa di dalam universitas maupun mahasiswa di luar universitas, secara tidak langsung webinar ini termasuk ajang untuk mempromosikan universitas di mata universitas-universitas yang lainnya, dan mengangkat nama universitas kita lebih baik lagi di dalam kacamata publik karena dari pernyataan salah satu dosen FHK bahwa UNIKA sudah menyediakan beberapa sarana penunjang civitas academica yang disabilitas yang berada di UNIKA atau yang hendak masuk ke dalam UNIKA.

“Dengan adanya acara ini, saya berharap semoga relasi UNIKA dengan kampus-kampus yang lainnya dapat bertambah, dan semoga kampus-kampus lainnya bisa melihat bahwa UNIKA sudah bersahabat dengan disabilitas sehingga kampus-kampus lainnya juga bisa mencontoh apa yang dilakukan UNIKA. Agar mereka-mereka yang disabilitas ini merasa dihargai, dan dianggap. Jika sudah seperti itu diharapkan akan terciptanya rasa kekeluargaan di antara FHK dengan fakultas-fakultas lain di UNIKA, juga tercipta rasa kekeluargaan dengan kampus-kampus di luar UNIKA," ujar Dekan Fakultas Hukum dan Komunikasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Dr. Marcella Elwina S, SH., CN., M.Hum.

Kemudian, harapan Sherin Gultom selaku ketua dari webinar perempuan dan disabilitas, “kiranya dengan adanya seminar ini, bisa membuka mata semua orang, bahwa para perempuan dan penyandang disabilitas itu bisa menjadi pahlawan di tengah masyarakat yang berguna, juga dapat menjadi inspirasi banyak orang,” ujar Sherin.

Kami berharap bahwa Webinar Perempuan dan Disabilitas 2020 ini dapat bermanfaat bagi peserta webinar dan menjadi inspirasi untuk segala pihak. Perempuan dan Disabilitas tidak seharusnya direndahkan, mereka memiliki hak dan tanggung jawab yang harus dihormati, karena mereka akan sangat berdampak kepada lingkungan sekitar mereka apabila mereka menyadari apa yang menjadi potensi hidup mereka. Terima kasih. Not All Heroes Wear Capes! (bem fhk)

 

WhatsApp Image 2020-10-01 at 09.43.23WhatsApp Image 2020-10-01 at 09.43.23(1)WhatsApp Image 2020-10-01 at 09.43.23(2)

Kategori: ,